Jawa Tengah

Mushola Tertinggi Ketiga di Indonesia yang Berada di Jalur Pendakian Gunung Slamet Diresmikan

BeritaNasional.ID, Tegal – Polres Tegal ikut hadiri acara peresmian Mushola Jabalussalam di Pos 4 pendakian gunung Slamet via basecamp permadi Guci Kabupaten Tegal, Minggu (19/9/2021).

Dari informasi yang ada, Mushola Jabalussalam terletak di ketinggian 2448 MDPL Gunung Slamet yang merupakan Mushola tertinggi di Indonesia ketiga setelah Gunung Prau, Kabupaten batang dan gunung Talang, Sumatera Barat.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at, melalui Kasubsi penmas Polres Tegal, Bripka Andi mengapresiasi kepada organisasi Pemuda Mandiri Mitra Damai Desa (Permadi Guci) yang telah bekerja keras membangun tempat ibadah di jalur pendakian.

“Menurut saya, pembangunan Mushola di jalur pendakian yang ketinggiannya 2000 MDPL memang sungguh luar biasa, karena mereka masih peduli dengan para pendaki yang ingin beristirahat dan melakukan ibadah saat melakukan perjalanannya menuju puncak gunung,” ungkapnya.

Ditambahkan, bahwa pembentukan mushola tersebut merupakan bentuk inovasi dalam rangka mendongkrak sektor wisata dalam pemulihan ekonomi nasional yang melibatkan alam di sekitar pegunungan Kabupaten Tegal.

“Mengingat akibat pandemi covid-19 banyak masyarakat terdampak utamanya disektor ekonomi, Karena itulah mungkin mereka berinisiatif sebagai menambah fasilitas di jalur pendakian Permadi,” sambungnya

Bripka Andi berpesan, agar masyarakat pecinta alam dapat memanfaatkan dan merawat mushola dengan baik.

“Mari bersama rawat dan pelihara tempat dan alam disekitarnya dengan sebaik-baiknya jangan dirusak dan untuk para pendaki tetap menerapkan prokes untuk memutus mata rantai penyebaran covid,” terangnya.

Sementara, Koordinator Basecamp Permadi Guci, Sofyan menjelaskan, pembangunan mushola jabalussalam yang dibangun di pos 4 amreta merupakan lokasi yang strategi untuk mendapatkan sumber mata lain.

“Lokasi ini terdapat sumber mata air yang melimpah dan tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pendaki,” jelasnya.

Sofyan berharap, dengan adanya mushola dan fasilitas MCK di pos 4 jalur pendakian guci bisa menjadi titik untuk para pendaki yang akan melakukan ibadah.

“Harapan saya pos 4 yang difasilitasi tempat ibadah dan sarana lainnya, bermanfaat serta bisa menjadi destinasi baru wisata mountheenering bagi masyarakat,” imbuhnya

Tak hanya itu wisatawan pemula yang menyukai tracking, bisa menikmati keindahan alam hingga di Pos 4 amreta dengan memanfaatkan fasiltas yang telah disediakan, tidak harus sampai ke puncak, tutup sofyan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button