Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Daerah

Mutasi Kapolres Banyuwangi Diikuti Roling 14 Pamen & Pama Bawahannya

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Turunnya telegram rahasia (TR) mutasi Kapolres Banyuwangi, AKBP. Agus Yulianto SIK, tanpa disangka juga diikuti pergeseran tugas 14 perwira menengah dan pertama di internal korp baju coklat Bumi Blambangan. Sebanyak 10 dari 14 perwira saling bertukar posisi untuk menempati 10 jabatan kepala polisi sektor (Kapolsek).

Rolling itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Jatim, Irjen. Machfud Arifin Nomor 2405 tertanggal 27 November 2017. Kompol. Toha Choiri yang sebelumnya menjabat Kapolsek Rogojampi menggeser Kompol. Agus Dwi Jatmiko sebagai Kapolsek Muncar. Tetapi posisi Kompol. Agus DJ yang dikenal koboy ini tergolong aman karena dia menempati kursi Kapolsek Genteng yang juga berstatus urban. Sementara Kabagops Polres Situbondo, Kompol. Suharyono menggantikan posisi Kompol. Toha Choiri.

Kompol. Sumartono sendiri, yang digantikan oleh rekan sejawatnya, Kompol. Agus DJ, mendapat tugas lebih luas. Pamen asal Kota Banyuwangi ini menempati posisi baru sebagai Kabagops Polres Situbondo. Bagi Pamen yang dikenal berani ini, pindah ke Kota Santri bukan lah yang pertama. Sebelum pulang kampung ke Bumi Blambangan dari Kota Malang, dia pernah menjadi Kabag Perencanaan di Polres yang juga berjuluk African Van Java. “Amanah ya harus dijalani,” cetusnya singkat menanggapi kabar mutasi dirinya.

Nasib baik juga berpihak kepada AKP. Bakin. Kasubag Humas Polres Banyuwangi yang kurang lebih satu tahun bersinergi dengan awak media ini mendapat berkah baru menjabat Kapolsek Songgon yang ditinggalkan AKP. Suwanto Barri yang memasuki masa pensiun. Ironisnya, Bakin yang memang sudah tidak kerasan menjadi Kasubaghumas ini belum tahu siapa perwira pengganti dirinya sebagai corong institusi kepolisian. “Biasanya jabatan Kasubaghumas diusulkan, sementara masih kosong,” jelasnya, Selasa (28/11/17).

Kasubag Hukum Polres Banyuwangi AKP. Abdul Jabbar juga bak mendapat durian runtuh. Mantan Kasubag Humas sebelum era AKP. Bakin ini sesuai keinginannya, akhirnya bisa memimpin Kepolisian Sektor Kalibaru yang merupakan tempat asal dirinya berdinas selama berpangkat Bintara. Wilayah ujung barat Banyuwangi yang berbatasan dengan Jember merupakan daerah tinggal AKP. Jabbar yang aslinya dari Kota Bojonegoro. Sementara, AKP. Bambang Suprapto yang meninggalkan Kalibaru mendapat jatah kursi Kapolsek Tegalsari menggantikan AKP. Suhardi karena digeser ke Polsek Sempu. Sementara Kapolsek Sempu, AKP. Jaenur Holiq harus menempati posisi Kasubag Hukum Polres Banyuwangi yang ditinggalkan abdul Jabbar.

Posisi di Polsek Pesanggaran turut pula berubah. AKP. Sudarsono yang lama menginginkan pindah tugas akhirnya benar-benar terwujud. Perwira pertama asal Kota Santri ini akhirnya pulang kampung dan menempati jabatan sebagai Kasubag Binops Bagops Polres Situbondo. Kursi yang dia tingggalkan diisi oleh AKP. Heri Purnomo yang selama beberapa tahun ini menjadi Kapolsek Tegal Dlimo. Selanjutnya, jabatan yang ditinggal Heri Purnomo akan ditempati oleh Kasubag Dalops Bagops Polres Banyuwangi AKP Mohammad Munir.

Kapolsek Kabat, AKP. Hery Subagyo turut memasuki masa pensiun seperti Kapolsek Songgon AKP Suwanto Barri. Kapolsek Kalipuro AKP Supriyadi masuk menjadi penggantinya sebagai Kabat 1. Sedangkan perwira dari Polres Probolinggo, AKP. I Ketut Wijaya Kesuma, mengisi kursi yang ditinggalkan AKP Supriyadi.

Serah terima jabatan para perwira menengah dan pertama ini masih belum pasti. Saat ini jajaran Polres Banyuwangi masih fokus menyiapkan acara lepas pamit AKBP. Agus Yulianto yang pindah tugas ke Maluku Utara dengan jabatan baru sebagai Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Maluku Utara. Penggantinya adalah AKBP. Dony Adityawarman, yang saat ini menjabat Kapolres Trenggalek. (MH.Said)

Caption : Kapolres Banyuwangi, AKBP. Agus Yulianto (tengah) dimutasi sebagai Wadirreskrimsus Polda Maluku Utara

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close