ACEH

Normalisasi Sungai Perlu Pertimbangan yang Matang

BeritaNasional.ID-Gayo Lues-Normalisasi sungai D.I Desa Tetinggi, Kecamatan Pantan Cuaca, Gayo Lues, Provinsi Aceh, terkesan asal dikerjakan oleh pihak BPBD. Pasalnya, normalisasi yang belum berjalan setahun ini sudah kembali amblas. Oleh karena itu, PKN meminta kepada pihak BPBD untuk melakukan pertimbangan yang matang terhadap aliran sungai yang akan mereka normalisasi

“Hal ini terlihat, ketika tim PKN melakukan investigasi ke daerah sungai tersebut,” kata Ketua Pemantau Keuangan Negara (PKN) Gayo Lues, Abdullah, pada media ini, Jum’at (25/09/2020).

Lanjutnya, aliran sungai yang seharusnya berada di tengah, kini sudah merapat ke samping, dan saat ini terdapat gundukan sirtu di tengah-tengah sungai.

“Hal ini, kita khawatirkan akan berdampak pada naiknya arus sungai ke pemukiman warga,” katanya.

Abdullah meminta normalisasi yang dilakukan pihak BPBD Gayo Lues, kedepan harus memperhitungkan pertimbangan yang matang, agar tidak sia-sia.

“Diperhitungkan dulu debit airnya seperti apa, sehingga dapat disesuaikan dengan normalisasi yang akan dilakukan, ” ujarnya.

Abdullah mengatakan, anggaran untuk kegiatan tersebut mencapai kurang lebih 500 juta, sehingga sangat disayangkan jika normalisasi tersebut sia-sia.

Terkait hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi, dikonfirmasi via pesan Watshap, belum memberikan jawaban.(Abu Bakri)

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close