DaerahJawa TimurSitubondo

Operasi Semeru, Satlantas Polres Situbondo Tindak Pelanggar Secara Humanis

BeritaNasional.ID SITUBONDO JATIM – Operasi Patuh Semeru 2023, Satlantas Polres Situbondo bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas secara humanis, Rabu (12/7/2023).

Selain penindakan pelanggar lalu lintas, petugas gabungan Satlantas dan Dishub Situbondo juga menertibkan parkir disepanjang Jalan Sucipto sampai Jalan Ahmad Yani Situbondo. Sasaran penindakan parkir, yakni kendaraan yang parkir di media jalan yang mengganggu arus lalu lintas.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H. melalui Kasat Lantas AKP Suwarno mengatakan bahwa Operasi Patuh Semeru 2023 mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan penindakan humanis terhadap para pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Dengan digelarnya Operasi Patuh Semeru ini, kami harapkan timbul kesadaran masyarakat untuk semakin tertib berlalu lintas, karena tertib lalu lintas merupakan salah satu cerminan Budaya Bangsa Indonesia,” terang AKP Suwarno Kasat Lantas Polres Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan AKP Suwarno, namun Kasat Lantas Polres Situbondo ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo jika akan berkendara di jalan raya agar melengkapi surat-surat kendaraannya dan sepeda motor yang dikendarainya harus standart serta menggunakan helm SNI. “Untuk mencegah kemacetan lalu lintas, kita juga penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di median jalan,” tutur Kasat Lantas Polres Situbondo.

Dalam operasi Semeru 2023 ini, Satlantas Polres Situbondo bukan hanya menindak para pelanggar lalu lintas saja. Namun, memberikan apresiasi berupa bingkisan dan helm kepada pengendara yang sudah tertib berlalu lintas seperti surat surat lengkap dan kelengkapan kendaraan sesuai standar rakitan pabrik. “Bagi pengendara yang melanggar kami tindak tegas. Sedangkan pengendara yang sudah tertib berlalu lintas diberi bingkisan dan helm,” kata AKP Suwarno.

Selama operasi Semeru 2023, sambung AKP Suwarno, Satlantas Polres Situbondo akan terus melaksanakan operasi pagi, siang, sore dan malam. Hal ini dilakukan untuk menyadarkan para pengendara untuk semakin tertib berlalu lintas di jalan raya. “Lengkapi surat-surat kendaraan dan gunakan kendaraan sesuai standar rakitan pabrik agar tidak ditindak oleh petugas yang melaksanakan operasi Semeru 2023,” pesan Kasat Lantas Polres Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button