Artikel/OpiniRagam

Optimalkan Peran Komunikasi Massa dalam Pengembangan Produk Agroindustri

Oleh : Risa Meutia Fiana, STP, MP *)

BeritaNasional.ID — Agroindustri merupakan industri yang memanfaatkan bahan hasil pertanian menjadi sebuah produk yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah. Agroindustri merupakan sektor yang penting dalam kehidupan. Agroindustri berperan dalam menghasilkan produk makanan, tekstil dan bahan baku lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi dari pengembangan produk agroindustri adalah komunikasi masa.

Komunikasi massa merupakan sebuah upaya dalam penyampaian pesan yang ditujukan kepada audience yang luas menggunakan media pengantar seperti televisi, radio, media cetak dan media elektronik.  Komunikasi masa ditunjukan untuk semua orang dan tidak tertuju pada golongan kelompok tertentu saja. Salah satu fungsi media masa yaitu dapat menyampaikan informasi yang akurat. Fungsi ini memberikan dampak positif dalam pengembangan produk agroindustri.

Peranan komunikasi massa dalam pengembangan produk agroindustri sangat bermanfaat bagi produsen. Peranan penting komunikasi massa antara lain membentuk pandangan public, mempengaruhi trend pasar dan mendorong inovasi dalam agroindustry. Aktivitas promosi produk dalam media massa yang saat ini berkembang dalam media social sangat mempengaruhi opini public mengenai produk agroindustri yang sedang dikembangkan.

Liputan media mengenai produk yang sedang dikembangkan dapat memotivasi para produsen untuk mengembangkan sebuah inovasi teknologi yang akan meningkatkan minat konsumen dalam mengkonsumsi produk dan memperkuat citra merek.

Komunikasi masa juga akan memperkuat citra merek pada sebuah produk agroindustri. Komunikasi masa juga memperkuat reputasi sebuah agroindutri. Perananan yang tidak kalah pentingnya mengakses pasar yang baru sehingga berdampak pada pertumbuhan dan keberlanjutan dalam industri.

Melalui media massa dapat secara efektif mempromosikan produk baru kepada masyarakat luas.  Promosi yang dilakukan produsen dapat menginformasikan keunggulan produk, cara penggunaan produk, manfaat bagi konsumen serta informasi terkait harga dam ketersediaan produk. Iklan yang kreatif dan menarik dapat menarik perhatian konsumen sehingga konsumen tertarik untuk mencoba produk baru.Promosi yang efektif dapat memperkenalkan produk kepada konsumen yang potensial sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan memperluas pasar.

Secara keseluruhan, mengoptimalkan peranan komunikasi masa dalam pengembangan produk agroindustri merupakan hal yang penting. Strategi komunikasi yang tepat, perluasan pangsa pasar produsen agroindusti dapat diperluas sehingga dampak yang positif yaitu dapat meningkatkan penjualan dan meciptakan citra positif bagi produk agroindustri.

Media massa juga dapat mendorong inovasi dalam agroindustry melalui liputan media, program informasi, ide-ide baru dan teknologi yang dibagikan kepada pelaku industri. Optimalisasi penggunaan media massa maka agroindustry dapat berkembang dengan pesat dampaknya dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku industri pertanian serta memperkuat ketahanan pangan Nasional.

Editor : Ay

*) Biodata Penulis :
Nama : Risa Meutia Fiana, STP, MP
Profesi : Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas
E-mail : risameutiafiana@ae.unand.ac.id

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button