ACEHCitizenMetroPendidikanRagam

Pacu Perkembangan Seni dan Budaya di Tengah Pandemi Covid-19, ISBI Aceh Gelar Online Talk Series

BeritaNasional.Id, Aceh Besar– Instutut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menggelar kegiatan di prodi Seni dan Teater melalui virtual. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Minggu hingga Senin (15-16) November 2020.

Meeting zoom yang digelar dalam dua hari tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dari pelaku seni dan teater sekaligus dosen pada lembaga pendidikan Seni dan Budaya yang ada di Indonesia.

Para Narasumber memaparkan sejumlah materinya berkaitan dengan perkembangan dunia Seni dan Teater serta kiat kiat melahirkan kreativitas dalam dunia tersebut dengan berbagai metode serta solusi menyemangatkan dunia seni dan teater di tengah ancaman covid-19 yang sedang melanda.

Meeting zoom dipandu oleh Haria Nanda Pratama, S.Kom, M.Sn dan Dian Permata Sari, S.Sn, M.Sn selaku Modirator.

Sedangkan selaku pemateri dihadirkan, dengan Dr. Yusril, M.Sn (dosen Teater ISI Padangpanjang, Roci Marciano, S.Sn, M.Sn dosen STKW surabaya dan Dr. Zulfahmi Darussalam, dosen Sastra Indonesia STKIP Yasika, Majalengka, Jawa Barat.

Kecuali berbagi ilmu tentang seni dan Teater tersebut meeting Zoom tersebut juga menampilkan teater kisah lagenda “Amat Ra mayang” sebagai bentuk frakter dari materi yang disampaikan pemateri.

Ketua Panutia kegiatan online talk series (OTS) yang digelar melalui Virtual oleh Prodi Seni Teater ISBI Aceh itu, mendapat sambutan baik dari berbagai kalangan, terbukti peserta yang masuk mengikuti kegiatan tersebut membludak dan tidak berhasil bergabung secara sekwlueuhannya, karena kapasitas fasilitas Zoom terbatas.

Selain itu, panitia juga menyediakan oleh oleh kepada semua peserta yang beruntung berupa doorprize.

Keaimpulan dari sejumlah penyampaian materi dari narasumber adalah Dr Yusril M.Sn. sutdara teater, dosen teater ISI Padang panjang dan pendiri komunitas hitam putih . Paparan beliau tentang mengenal teater lebih dekat. Bagaimana persiapan menjadi seorang aktor. Seorang aktor harus punya bekal tubuh, vokal dan rasa yg seimbang. Sehingga terbiasa untuk bermain di atas panggung. Semua orang bisa menjadi aktor, namun tentu dengan proses latihan yang intens dan panjang.

Sementara, Roci Marciano.S.Sn.M.Sn.
Seorang aktor monolog, dosen teater STKW Surabaya dan penulis buku.
Paparan beliau tentang persiapan menjadi aktor monolog, menurutnya seseorang yang ingin menjadi aktor harus bisa menguasai alur cerita, rasa , keahlian bernarasi dan imajinasi.

Selanjutnya, Dr. Zulfahmi Darusssalam, yang membahas tentang tehnik menulis sastra, mengatakan bahwa untuk menulis bukan sebuah pekerjaan yang sudah atau gampang, tapi sangat dibutuhkan semangat dan konsentrasi. Demikian paparnya.

Kegiatan meeting zoom dan teater virtual ini dilaksanan oleh ISBI Aceh melalui prodi Seni teater berhubung tidak dapat menggelar pertunjukan seperti di tahun sebelumnya, mengingat kondisi indonesia dalam ancaman pandemi covid-19. Sementara pada tahun sebelumnya prodi tersebut kerab menggelar pertunjukan dalam rangka mengisi skedul pembelajaran bagi mahasiswa yang sedang menimba ilmu di institut tersebut. (Alan).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button