Daerah

Pantai Teluk Hijau, Surganya Petualang Lingkungan

Serasa di surga, begitu ucap para petualang lingkungan dan pecinta alam saat tiba di Pantai Teluk Ijo yang indah nan damai. Mereka tidak puas puasnya menikmati indahnya pemandangan ciptaan Tuhan. 

Teluk Hijau yang juga sering disebut Teluk Ijo atau disebut pula Green Bay ini berada dalam kawasan Taman Nasional Meru betiri (TNMB), masuk Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya kurang lebih dua kilometer dari pantai Rajegwesi.

Rute perjalanan jika dari kota Genteng kearah kota Jajag, masuk Kecamatan Gambiran. Setelah itu menuju arah Kecamatan Pesanggaran melewati Kecamatan Bangorejo dan Kecamatan Siliragung. Ketika tiba di Kecamatan Pesanggaran, langsung menuju Desa Sarongan dan seterusnya menuju arah Taman Nasional Meru Betiri, yang jarak tempuhnya diperkirakan mencapai 80 kilometer.

Perjalanan kearah Pantai Ijo, rutenya melewati Pantai Rajegwesi yang panoramanya juga sangat menarik sekali. Beberapa kilometer menjelang sampainya di Pantai Hijau, kita disambut dengan suasana alami disepanjang perjalanan karena sudah berada dikawasan TNMB. Nyaringnya kicauan burung-burung yang saling bersahutan menambah semangat kendati medannya cukup terjal dan berbatu guna mencapai lokasi Teluk Hijau.

Perjalanan menegangkan mesti menyusuri hutan terlebih dahulu. Bahkan untuk menuju ke Teluk Ijo, masih harus menuruni tebing yang sangat curam melewati jalan setapak sejauh 1 kilometer dengan berjalan kaki.

Hingga rute yang ditempuh dengan berjalan kaki, akan sampai pada petunjuk yang bertuliskan jalan kurang 600 m lagi. Arah tersebut menuju pantai, dan harus berjalan disepanjang pesisirnya. Disitu, perjalanan akan sampai terlebih dahulu di Pantai ‘Teluk Damai’ yang penuh dengan batu-batuan sebesar kepalan tangan.

Tantangan hingga membuat perjalanan harus jatuh bangun dalam melewati medan berbatu tersebut bahkan masih dihadang lagi oleh tebing yang sangat tinggi. Disitu ada jalan setapak yang kondisinya sudah hampir tertutup semak di sebelah tebing. Setelah disusuri sekitar 100 meter, akhirnya sampailah perjalanan melelahkan itu di Pantai Teluk Ijo.

Kalimat pertama yang terucap adalah puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bercampur kegembiraan yang tiada terkira mengingat indahnya panorama yang disuguhkan oleh Pantai Hijau. Sehingga tanpa disadari, rasa lelah seketika hilang tergantikan pemandangan yang luar biasa sekali.

Hamparan pasir putih yang sangat bersih, air laut yang sangat bening bagaikan kaca tembus pandang, juga terdapat air terjun dari dinding tebing di sebelah barat pantai setinggi 8 meter dan silir angin menambah indahnya Pantai Teluk Ijo. Panorama yang masih murni alami tanpa rekayasa manusia, terhampar sepenuhnya di pantai yang lokasinya terpencil itu. (red) 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button