ACEHRagam

Pasar Tradisional Sibreh Resmi Dua Kali Hari Peukan

BeritaNasional.Id, Aceh Besar– Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali secara langsung meresmikan penambahan hari pekan (pasar-read) di Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Minggu (29/11/2020).

Sebagaimana diketahui pasar rakyat di Kecamatan Suka Makmur ini sebelumnya hanya digelar setiap hari Rabu setiap pekan, namun dengan adanya penambahan hari pekan ini, maka pasar kecamatan yang akrab disebut dengan Pasar Sibreh ini akan melaksanakan aktivitas jual beli dua kali dalam sepekan, yakni hari Rabu dan hari Minggu.

Dikutip dari Face Book Seuramoe Abes, Bupati Aceh Besar, Ir.H Mawardi Ali, di dampingi oleh ketua Komisi 4 DPRK Aceh Besar sekaligus Ketua Forum Masyarakat Sibreh, Muhibuddin Ibrahim, usai meresmikan hari pekan kedua di Pasar Sibreh, sempat meninjau sejumlah titik aktivitas pedagang dan konsumen yang ada di lingkungan pasar Sibreh.

Bupati Mawardi berpendapat bahwa, sektor rill ada di pasar sebagai tempat terjadi perputaran ekonomi yang sangat cepat, sehingga penambahan hari Peukan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan pemasukan bagi masyarakat.

“Penambahan hari pekan ini adalah harapan dari para pedagang dan masyarakat sibreh sendiri,”kata Mawardi Ali.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mawardi juga menyarankan agar dalam pengembangan pasar tidak serta merta berharap dari pemerintah, tetapi para tokoh masyarakat, pemuda dan semua elemen dapat bekerjasama untuk mewujudkan agar pasar tersebut dapat dikembangkan secara terus menerus.

“Soal pengembangan pasar, tidak mesti dimiliki oleh pemerintah tetapi ajak kerjasama dengan pemilik lahan dan bangun untuk membangun pasar,”demikian pesannya.

Sementara, Ketua Forum Masyarakat Sibreh Muhibuddin Ibrahim, pada kesempatan itu mengharapkan agar pasar dapat direncanakan penataan kembali, guna menciptakan kenyamanan keindahan serta lebih banyak menampung pedagang dan pembeli.

“Mudah mudahan perkembangan pasar ini dapat terus dilakukan, agar masyarakat dan pedagang lebih nyaman dan senang ke pasar,” ujar Pria hitam manis itu, sekaligus Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Aceh Besar dua periode ini.

Sejalan dengan bertambahnya hari peukan di Pasar Sibreh dari hanya hari Rabu, kini juga dibuka pada hari Minggu, menambah jumlah pasar Kecamatan di Aceh Besar yang menggelar hari peukan dua kali dalam sepekan, yakni Pasar Sibreh dilaksanakan hari Peukan pada hari Rabu dan Minggu, dan Pasar Kecamatan Seulimum, menggelar hari peukan Senin dan Jumat dalam sepekan. (Alan)

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close