DaerahJawa TimurNasionalRagamSitubondo

Pastikan Arus Balik Mudik Lancar, Pejabat Kemenhub RI ke Pelabuhan Jangkar Situbondo se Kapal Dengan Santri dan Masyarakat Umum

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, Untuk memantau secara langsung arus balik mudik gratis lancar, aman, nyaman dan berkesan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc. Eng, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting, M.M, Kepala PPSDM Perhubungan Laut Ir. Ahmad M.M.Tr, Kepala KSU Tanjung Perak Surabaya Capt. Heru Susanto, M.M, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, M.M dan Direktur Poltekbang Surabaya M. Andra Adityawarman MT, berlayar bersama santri dan masyarakat umum dari Pelabuhan Sapudi ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, menggunakan KL Bung Tomo, Minggu (30/4/2023).

Begitu tiba di Pelabuhan Jangkar Situbondo, rombongan pejabat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ini, langsung disambut oleh Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo Herland Aprilyanto, Kepala Dinas Perhubungan Situbondo, AKP Hasanudin Kasat Polairud Polres Situbondo, Kapolsek Jangkar, Danramil Jangkar, Syabandar Wilker Jangkar dan pihak terkait lainnya.

“Untuk membantu kelancaran mudik maupun arus balik mudik Idul Fitri 2023 dari Pulau Sapudi, Kalianget dan Raas ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, hari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menurun KL Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, KN Bimasakti Utama dan KN Masalembo milik Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak Surabaya dan satu kapal cadangan Sanus 115,” jelas Capt. Hendri Ginting, M.M, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI.

Lebih lanjut, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI mengatakan, Ditjen Perhubungan Laut sangat berkomitmen untuk membantu kelancaran mudik dan arus balik mudik yang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pelabuhan Sapudi, Raas dan Kalianget Kepulauan Madura dan sebaliknya.

“Alhamdulillah, arus mudik dan arus balik mudik dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pelabuhan Sapudi, Raas dan Kalianget Kepulauan Madura dan sebaliknya dari Pelabuhan Sapudi, Raas dan Kalianget Kepulauan Madura ke Pelabuhan Jangkar Situbondo juga lancar,” jelas Capt. Hendri Ginting.

Tak hanya itu yang disampaikan Capt. Hendri Ginting, namun dia juga menjelaskan bahwa kelancaran, keamanan dan kenyamanan arus mudik dan arus balik mudik ini tidak lepas dari dukungan pemerintah setempat, TNI dan Polri, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, para nahkoda, kesadaran para pemudik serta pihak-pihak terkait lainnya.

Untuk kedepan, sambung Capt. Hendri Ginting, akan dilakukan evaluasi agar bantuan kapal pemerintah untuk mengakut penumpang mudik maupun arus balik mudik gratis bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. “Yang pasti kedepan kita akan melakukan evaluasi agar kita bisa memberikan pelayanan lebih baik untuk masyarakat,” tuturnya Capt. Hendri Ginting.

Lebih lanjut, Capt. Hendri Ginting mengatakan bahwa, dirinya bersama rekan-rekan Kementerian Perhungan RI sengaja satu kapal dengan penumpang santri dan masyarakat umum. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung arus balik mudik lancar, aman, nyaman dan berkesan. “Alhamdulillah perjalanan kami dari Pelabuhan Sapudi sampai ke Pelabuhan Jangkar Situbondo lancar, aman dan nyaman dan berkesan,” punkasnya (Heru/Bernas).

Para santri yang se Kapal dengan pejabat Kemhub RI sedang menunggu jemputan (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button