Daerah

Patung Bung Karno Ke – 5 di Kota Blitar Diresmikan

BeritaNasional.ID, BLITAR Satu lagi bangunan ikonik diresmikan di Kota Blitar. Patung setinggi total sebelas meter dengan berat lima ton yang  terletak di simpang tiga herlingga, Jalan SudhanCo Supriyadi diresmikan Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri, tepat pada peringatan hari lahir Bung Karno, beberapa waktu yang lalu,tepatnya pada Selasa ( 6/6 ).

Patung megah di atas taman indah ini letaknya strategis dari perbatasan Kota Blitar sebelah timur dan berdekatan dengan jembatan merah putih. Patung proklamator ini adalah patung kelima yang ada di Kota Blitar setelah sebelumnya ada di Kantor Wali Kota, Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Istana Gebang, dan Jalan Sumatra.

“Patung ini sekali lagi menunjukkan kecintaan dan rasa terima kasih pemerintah dan masyarakat kota blitar kepada Sang Proklamator Bung Karno”, jelas Wali Kota Blitar. Peresmian ini sangat tepat momentumnya, tambah Wali Kota, karena patung ini diresmikan tepat pada tanggal 6 juni tanggal kelahiran Putra Sang Fajar Bung Karno. Peresmian ini juga baik waktunya karena diselenggarakan pada bulan suci Ramadhan yang penuh dengan berkah sekaligus diresmikan oleh orang yang tepat yakni Presiden Kelima Republik Indonesia sekaligus putri kandung Bung Karno, Megawati Soekarno Putri.

Pemerintah Kota Blitar sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh ditetapkannya tanggal 1 juni sebagai Hari Lahir Pancasila. “Masyarakat Kota Blitar yang setiap tahun menyuarakan aspirasi tersebut, akhirnya Presiden Jokowidodo melalui keputusan presiden nomor 24 tahun 2016 menetapkan 1 juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Penetapan 1 juni sebagai hari lahir pancasila menambah gelora semangat pemerintah dan masyarakat Kota Blitar untuk semakin memahami dan mengamalkan nilai–nilai pancasila dalam kehidupan sehari – hari. Bagi kita pancasila adalah final dan tidak perlu diperdebatkan kembali. Pancasila telah terbukti dan teruji mampu mempersatukan bangsa”, jelas Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota, setiap tahun pada bulan juni, sejak 18 tahun yang lalu, Pemerintah Kota Blitar bersama seluruh masyarakat selalu menyelenggarakan peringatan bulan bung karno. Pada tanggal 31 mei sampai 1 juni, kita menyelenggarakan upacara grebeg pancasila yang dikemas dalam serangkaian acara upacara budaya, kemudian tanggal 5 dan 6 juni selalu dilaksanakan brokohan atas kelahiran putra sang fajar yang biasanya dikemas dalam pagelaran wayang kulit. Pada tanggal 21 juni ada peringatan haul bung karno yang dikemas melalui acara kenduri seribu tumpeng yang sangat merakyat mulai makam Bung Karno sampai dengan Istana Gebang.

Sementara itu, Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri menyatakan generasi penerus bangsa untuk mengamalkan nilai – nilai Pancasila. Megawati melihat penghargaan dunia internasional selama ini sudah cukup besar. “Saya telah menjelajahi 2 per 3 dunia, dan di luar negeri, terutama di negara – negara Asia Afrika dan Amerika Latin perhatian dan pengakuan terhadap jasa – jasa Bung Karno sungguh luar biasa”, jelas presiden Kelima Republik Indonesia itu.

Prosesi peresmian berjalan dengan meriah karena dihadiri banyak kepala daerah, baik gubernur, Wali Kota maupun Bupati dari daerah lain. Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri selain menandatangani prasasti juga melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya patung yang dikerjakan selama delapan bulan itu. Tampil pula SMASA choir paduan suara yang pernah tampil di negara asing. (hum/ich)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close