Lumajang

Pawai Karnaval Kecamatan Padang Lestarikan Budaya Tradisional Dalam Rangka HUT RI Ke 78

BeritaNasional.ID LUMAJANG JATIM – Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 78 menggelar pawai karnaval yang di ikuti seluruh desa se kecamatan Padang dengan menampilkan seni seni budaya tradisional Selasa (15/08/2023)

Camat Padang jamak Nurwanto mengatakan kegiatan karnaval merupakan yang pertama di kecamatan Padang kabupaten Lumajang yang menonjolkan karya seni budaya sesuai tema mengangkat seni budaya lokal.

“Kita menonjolkan karnaval seni budaya ini adalah awal kegiatan karnaval se kecamatan Padang sebelumnya belum ada, ini baru ada karnaval dan ada yang unik tema mengangkat seni budaya lokal seperti tari godril, rodat glipang, jaran koyong, kemudian topeng Kaliwungu yang menjadi icon kabupaten Lumajang”. Ucapnya

Peserta pawai karnaval kali ini menurut camat Padang semua peserta dari desa se kecamatan bahkan ada yang mengeluarkan dua Group, sementara kegaitan kegiatan atau event yang di kecamatan Padang merupakan arahan dari bupati dan wakil bupati Lumajang bertujuan memberikan ruang pada UMKM agar supaya bangkit dan meningkat perekonomian khususnya di kecamatan Padang. 

“Peserta semua desa ikut bahkan ada satu desa mengeluarkan dua Group, ini sesuai arahan bupati dan wakil bupati setiap wilayah harus mengadakan event jadi event ini harus memberi ruang pada UMKM, ini sudah saya koordinasikan sudah lama setiap kegiatan Agustusan harapan saya UMKM terutama di wilayah kecamatan Padang bisa bangkit dan bisa mengikuti event event yang ada”. Paparnya lagi 

Masih menurut camat kegaitan pawai karnaval akan berlanjut di karenakan pihak kecamatan dengan desa sudah membuat kesepakatan untuk sama sama bisa membangkitkan seni budaya dan bangkitan ekonomi masyarakat.

“Kegaitan ini akan berlanjut karena kita sudah membuat kesepakatan dengan desa bahwa kecamatan Padang harus bangkit baik secara seni budaya maupun secara ekonomi, dan ini luar biasa kepala desa mendukung penuh terutama masyarakat dan tokoh masyarakat mendukung penuh juga banyak yang meminta kegiatan seperti ini supaya sama dengan kecamatan yang lain”. Pungkasnya (Rochim)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button