BondowosoDaerahJawa Timur

Pawai Muharram 1445H Dan Doa Bersama Di Makam RBA Kironggo

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM -Malam ini di area parkir pemakaman RBA Kironggo menjadi lautan manusia. Mereka sedang memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1445H. Acara ini diprakarsai oleh Kepala Kelurahan Sekar Putih, Yani Eko SP dan didukung oleh warganya. Mulai dari RT O1 sampai RT 36.

“Kami bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang turut berpartisipasi, sehingga acara ini bisa terselenggara. Juga kepada pihak keluarga besar RBA Kironggo yang sudi memberikan tempat untuk acara ini,” kata Yani, sapaannya, Selasa, 18/7 2023.

Acara ini dihadiri oleh AKP Tulus, Kapolsek Tegal Ampel dan Danramil Kapten Edy.
Peserta pawai sebelumnya berkumpul di depan Kantor Kelurahan Sekar Putih Kecamatan Tegal Ampel. Kemudian bergerak menuju makama RBA Kironggo. Jaraknya sekitar 2 kilometer.

Supriadi, salah satu keturunan ke 6 dari RBA Kironggo yang dipercaya menjadi Sekretaris Yayasan Kironggo mengatakan, pihaknya mewakili keluarga besar RBA Kironggo, bangga dan terharu. Karena warga Kelurahan Sekar Putih sangat kompak berziarah ke makam leluhur kita. Setiap RT membawa nasi tumpeng sebagai rasa syukur dan menjalin silaturahmi pada malam pergantian tahun baru Islam atau 1 Muharam 1445H.

“Kebetulan malam ini juga ada peziarah dari Kabupaten Pacitan, Drajat. Dia menghabiskan pergantian tahun baru Islam di makam RBA Kironggo,” jelasnya.

Drajat mengaku sangat terharu menyaksikan pawai dengan berjalan kaki. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Kompak mengikuti kegiatan ini sampai acara selesai.

“Mereka dengan husuk melakukan ritual keagamaan di makam kramat ini. Mereka berjalan kaki sejauh 2km tanpa merasa lelah. Sungguh luar biasa,” kata Drajat. (Iqbal Tarkat Jr).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button