Ragam

Pecatur Aceh Akan Segera Berkiprah di Even Dunia Via OCA

Beritanasional.id, Banda Aceh – Online Chess Arena (OCA) Aceh, resmi terbentuk . OCA Aceh merupakan satu – satunya, komunitas permainan catur yang dilakukan melalui online.

Wakil ketua OCA, Aceh Ervanda mengatakan, OCA merupakan pelopor pertama di Indonesia untuk permainan catur online ini.

“Aceh menjadi pelopor pertama untuk  olahraga asah otak ini di Aceh, ini baru ada di Aceh yang mempertandingkan kejuaraaan Catur Online,” kata Ervanda, melalui rilis yang diterima media ini, Jumat (6/9/19).

Ditambahnya, negara tetangga seperti Malaysia, sudah memperkenalkan catur online ini lebih awal dari Indonesia. Bahkan , mereka sudah sering melakukan kejuaraan  catur online ,

“Kita termasuk lambat dalam soal memanfaatkan sistem ini,” sambungnya.

Direncanakan OCA Aceh , akan mulai menggelar even perdana pada bulan September ini. Secara lebih gaung akan dilaksanakan pada Desember mendatang sekaligus menghadirkan Master catur online dari Malaysia , Thailand dan , Singapore ” tutup Vanda.

Menurut Ervanda, pertumbuhan dan perkembangan olahraga e-Sport online dalam masyarakat di Provinsi Aceh terutama generasi muda terus meningkat, karena hampir sebagian besar penggemar catur memiliki perangkat handphone untuk bermain catur online itu.

Peminat e-Sport catur online juga telah berkembang di banyak negara. Bahkan sejak 2015 catur online sudah diakui oleh induk olahraga catur dunia yaitu FIDE.

“Selanjutnya kita juga akan Kedepa akan mendaftarkan beberapa pecatur berprestaai Aceh ke Federasi Catur Dunia untuk mendapatkan Fide ID dan bisa ikut dalam Kejuaraan International Online Chess ” Demikian tutup Ervanda. (Alan)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close