DaerahRagam

Peduli, Ketua For-MeDAN Visite Home Penderita Sakit 3 Tahun Warga Lemahbang Dewo

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Ketua Forum Medis dan Aksi Kemanusiaan (For-MeDAN) dr. Didik Sulasmono langsung mengunjungi Islamiyah (50) warga Dusun Satriyan Desa Lemahbang Dewo Kecamatan Rogojampi Kabupupaten Banyuwangi yang mengalami sakit sudah 3 tahun namun belum bisa berobat karena terkendala biaya, Rabu (26/12/18) pagi. Itu dilakukan dokter yang berdomisili di Desa Pengatigan Kecamatan Rogojampi ini setelah sebelumnya sempat membaca berita viral terkait warga yang sakit 3 tahun namun tidak bisa berobat karena miskin.

“Sebagai lembaga yang konsens untuk urusan medis dan kemanusiaan, saya langsung turun di kediaman Islamiyah ini,” ungkap dokter yang membuka klinik kesehatan di Desa Gitik Kecamatan Rogojampi ini.

Hasil visite home dokter yang juga Ketua Umum DPP For-MeDAN ini, warga yang sakit 3 tahun bernama Islamiyah tersebut penyakitnya merupakan kasus stroke lama. Selain itu ada kelumpuhan badan sebelah kanan.

“Ekonomi keluarganya miskin.
Tidak punya KIS dan JKN, tidak pernah periksa ke dokter maupun puskesmas. Suaminya hanya kerja pemulung rongsokan, bahkan rumah juga statusnya numpang dan rencana di suruh keluar sama yang punya karena rumah itu sudah mau dijual,” papar dokter Didik kepada media ini.

Setelah mengunjungi Islamiyah, Didik Sulasmono melihat kondisi riilnya, dia sebut pasien tersebut memang layak dibantu.

“For-MeDAN akan memberikan bantuan dari dana kas kesehatan,” katanya.

Sementara info yang didapat media ini dari Misatun (47) warga setempat tetangga Islamiyah, mengaku setiap harinya sering mendengar suara gedabrak gedebrok seperti barang jatuh.

“Awalnya saya merasa kaget, mendengar suara tersebut. Lalu saya lihat ternyata Bu Is ini sudah jatuh, lalu langsung saya bantu untuk berdiri. Dan kejadian seperti itu sudah seringkali, kadangkala saya merasa tidak kuat mengangkat seorang diri akhirnya mencari orang untuk membantu mengangkatnya berdiri. Selalu saya dapati pakaiannya basah terkena air kencingnya sendiri juga,” tutur Atun panggilan sehari hari Misatun yang tak lain istri dari Sugiyanto.

Sedangkan Hariyanto ketua RW setempat, kepada media ini mengaku tidak tahu apa sakit yang diderita warganya tersebut .

“Masalah sakitnya Islamiyah saya sudah pernah mengajukan ke pihak desa waktu rapat BPD, juga waktu malam malam rapat di kantor desa. Tapi memang sampai sekarang masih belum ada tanggapan dari desa. Tapi hari ini, saya diperintah kepala dusun disuruh menanyai apa sakitnya Islamiyah dan saya disuruh mendata,” lontar Hariyanto apa adanya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Satriyan Desa Lemahvang Dewo Kecamatan Rogojampi menderita sakit selama 3 tahun. Namun karena kondisi ekonominya yang tidak mampu, istri dari Zamzuri yang pekerjaannya sebagai pemulung rongsokan tersebut tidak bisa berobat terkendala biaya. (red/tim)

Caption : Islamiyah saat mendapat kunjungan dan pemeriksaan Ketua DPP For-MeDAN dr. Didik Sulasmono, Rabu (26/12/18) pagi

Tags
Show More

Related Articles

Close