DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosialTNI Dan Polri

Peduli Lingkungan Hidup, Kodim 0823 Situbondo Tanam 1500 Bibit Mangrove

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Peduli lingkungan hidup Kodim 0823 Situbondo melaksanakan penanaman pohon Mangrove di pantai wisata Kampung Blekok, Desa Klatakan, Kabupaten Situbondo, Jumat (4/3/2022).

Penanaman Mangrove yang dilaksanakan serentak oleh Kodim diwilayah Kodam V/Brw tahun 2022 ini, bertujuan untuk mencegah abrasi pantai dan manfaat hutan mangrove bagi kehidupan akan menyerap semua jenis logam berbahaya serta membuat kualitas air menjadi lebih bersih.

Selain itu, pohon mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih. Dan kawasan hutan mangrove bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata dan pohon mangrove juga bisa dikelola menjadi bahan makanan serta minuman.

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina S.I.P dalam keterangan persnya mengatakan, penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan serentak seluruh kodim diwilayah Kodam V/Brw. “Perlu kita ketahui bahwa pemanasan global saat ini terjadi dibelahan dunia, termasuk wilayah Indonesia. Maka, salah satu upaya untuk menangkal pemanasan global yang lebih ekstrem yang harus kita lakukan yakni melakukan penghijauan menanam pohon magrove ini,” terang Dandim Situbondo.

Tujuan dari penanaman pohon Mangrove ini, sambung Letkol Inf Neggy Kuntagina, mencegah terjadinya abrasi pantai, menyerap semua jenis logam berbahaya serta membuat kualitas air menjadi lebih bersih, memperbaiki ekosistem pantai, berkembangnya biota laut menciptakan oksigen dan masih banyak lagi maanfaat yang lainnya. “Dengan menanam Mangrove, maka bisa menekan pemanasan global dan dapat memberikan keuntungan pada warga masyarakat pesisir dalam memanfaatkan potensi pada pohon Magrove,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Dandim Situbondo. Akan tetapi, Letkol Neggy menegaskan bahwa, TNI khususnya Kodim 0823 Situbondo berkomitmen denagan program penghijauan penanaman mangrove bersama pemerintah daerah. “Harapannya kami bisa mengajak masyarakat untuk menumbuhkan perilaku yang peka terhadap kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian hutan magrove,” harap Dandim.

Lebih lanjut, Dandim Situbondo mengatakan, ada sekitar 1500 bibit pohon Mangrove yang akan ditanam di areal seluas 1 hektar di pantai wisata Kampung Blekok. “Hari ini juga dilaksanakan acara penanaman mangrove secara virtual bersama Pangdam V/BRW Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Pangdam V/Brw kepada jajaran Forkopimda Kota/Kabupaten yang menyelenggarakan penanaman pohon Mangrove,” pungkas Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina S.I.P.

Sekedar informasi, penanaman pohon Mangrove secara serentak ini, dihadiri Asisten 1 Setdakab. Situbondo Kholil, S.P., M.P., Kasat Sabhara Polres Situbondo AKP Sugeng Winarno, Forkopimka Kendit, Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampai, S.Ag, Babinsa Klatakan Serda Yudianto, Jajaran Danramil 01 hingga Danramil 17, perwakilan FKPPI, Pramuka Saka Wira Kartika, DLH Situbondo, Dinas Kehutanan, Sat Pol PP dan Komunitas pecinta Mangrove Situbondo serta masyarakat sekitar hutan mangrove Desa Klatakan. (***)

Upacara persiapan penanaman mangrove (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button