Sumatera

Pembangunan Jembatan Titi Dua Sicanang Dimulai, Akhyar Optimis Desember 2020 Selesai

BeritaNasional.ID Medan – Setelah sembuh  dari  terpapar  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  kembali bertugas. Selasa (25/8/2020), Akhyar langsung meninjau pembangunan Jembatan Titi Dua di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Belawan Sicanang dengan Kelurahan Belawan Bahari  ini ditargetkan akan selesai Desember 2020.

Peninjauan dilakukan Akhyar didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Zulfansyah, Camat Medan Belawan Ahmad SP beserta unsur Forkopimca Kecamatan Medan Belawan. Setibanya di lokasi, Akhyar  kemudian berjalan menuju pinggiran sungai untuk melihat pembangunan jembatan yang tengah berjalan. Sejumlah pekerja tampak bekerja didukung satu unit alat berat berat guna memperlancar pengerjaan.

Akhyar kemudian meminta gambar konstruksi jembatan yang akan dibangun. Sambil melihat disain bangunan jembatan, Zulfansyah tampak memberikan sejumlah penjelasan, termasuk langkah-langkah yang akan dilakukan sehingga proses pembangunan jembatan nantinya dapat berjalan lancar dan selesai sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Usai melihat disain pembangunan jembatan dan pejelasan Zulfansyah, Akhyar selanjutnya memberikan arahan kepada Kadis PU agar pekerjaan dapat selesai dengan baik.

Terutama soal abutment (kepala jembatan), Akhyar mengingatkan supaya benar-benar dijaga supaya tidak terpengaruh saat  terjadinya arus pasang  surut  . Sebab, abutment adalah bagian bangunan pada ujung-ujung jembatan, selain sebagai pendukung bagi bangunan atas, abutmen juga berfungsi sebagai penahan tanah.  “Jika abutment terjaga dengan baik, maka tidak akan tergerus saat terjadinya arus pasang surut yang menyebabkan terjadinya arus sangat deras,” kata Akhyar.

Usai melihat dan mengecek pembangunan yang tengah dilakukan, Akhyar pun optimis pembangunan yang dilakukan kali ini lebih baik sehingga akan memberikan hasil sesuai dengan harapan. “Saya melihat  desain dan perencanaan yang dilakukan untuk pembangunan Jembatan Titi Dua ini lebih baik. Di samping itu pelaksanaannya pun saya lihat  lebih serius. Insya Allah, pembangunan jembatan ini akan lancar dan sesuai dengan yang kta harapkan,” ungkapnya.

Dalam mendukung kelancaran pembangunan, Akhyar mengatakan, secara incognito akan sering  datang untuk mengontrol progres pelaksanaan pembangunan jembatan yang dilakukan. Akhyar kemudian menegaskan, pembangunan jembatan ini ditargetkan selesai pada tahun anggaran ini.  “Mudah-mudahan selesai sesuai target dan kita berharap tidak ada hambatan cuaca dan alam,” harapnya.

Sementara itu menurut Kadis PU Kota Medan Zulfansyah Ali Syahputra, pembangunan Jembatan Titi Dua sudah dimulai. Dikatakannya, pembangunan  saat ini dalam tahap pemancangan sheet pile yakni material konstruksi yang berbentuk lembaran yang ditanamkan di tanah secara vertikal untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor sekaligus pengaman agar abutmen tidak langsung tergerus dan terhempas arus.

Dalam pembangunan jembatan, Zulfansyah juga menjelaskan, prosesnya sangat memperhatikan kondisi arus lalu lintas. Sebab, mobilitas kenderaan yang melintas jembatan sementara saat ini cukup tinggi, sehingga tidak tertutup kemungkinan pengerjaan akan dilakukan pada malam hari sehingga tidak mengganggu kelancaran aktifitas warga sekitar.

“Ketika pelebaran jembatan sementara ini dilakukan, pengerjaannya dilakukan malam hingga pagi hari. Jadi pembangunan jembatan kita lakukan saat arus lalu lintas sedang lengang. Insya Allah Desember 2020 pembangunan jembatan selesai.  Kita punya waktu  5 bulan untuk pengerjaannya secara full,” jelasnya.

Selanjutnya mengenai jembatan sementara yang selama ini digunakan warga, Zulfansyah mengatakan, tetap akan digunakan sebagai  jembatan alternatif guna mendukung kelancaran aktifitas warga. Bahkan  ungkap Zulfansyah,  direncanakan dalam waktu setahun atau dua tahun ke depan, jembatan lama tersebut akan direhabilitasi lagi sehingga nantinya menjadi jembatan kembar yang lebih permanen. (Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close