Bone BolangoGorontaloWisata

Pemda Bone Bolango Optimis Wisata Hiu Paus Botubarani jadi Wisata Kelas Dunia

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendukung pengembangan Wisata Hiu Paus Botubarani melaui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Insentif Daerah (DID).

Hal ini disampaikan langsung oleh Ishak Ntoma kepada Pembina Dewan Juri ADWI 2023 Prof Azril Azhari dan Anggota Dewan Juri, Putu Ayu Anggraini saat melakukan visitasi ke desa wisata Botubarani di lokasi wisata Hiu Paus, Kamis (6/7).

“Kedepan kami berharap pihak Kemenparekraf dapat memberikan bantuan berupa DAK atau DID maupun tugas pembantuan kepada Kabupaten Bone Bolango untuk pengembangan wisata Hiu Paus Botubarani,” ucapnya.

Menurutnya, dengan dukungan dana yang besar untuk pengembangan kawasan wisata, maka wisata Hiu Paus Botubarani memiliki peluang untuk menjadi wisata kelas dunia.

“Ini satu-satunya wisata Hiu Paus di dunia yang bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan. Peluangnya besar untuk menjadi wisata kelas dunia,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bone Bolango, Muh. Yamin Abbas meyakini bahwa dengan beragam keunggulan yang dimilikinya, objek wisata Hiu Paus Botubarani bakal menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan mancanegara maupun lokal.

“Wisata Hiu Paus Botubarani ini memiliki banyak keunggulan yang tidak ada didaerah lain. Saya yakin ini akan menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan,” kata pria yang punya hobi snorkling ini.

Untuk diketahui, Botubarani adalah nama salah satu desa yang berlokasi tepat menghadap ke teluk tomini. Desa ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan menjadi tempat berkumpulnya ikan terbesar di dunia, yakni hiu paus dengan akses yang sangat mudah dimana jarak hiu paus dengan pantai hanya 25 meter.

Sejak tahun 2016 – 2023, tercatat 53 ekor hiu paus yang berbeda pernah datang ke wisata minat khusus hiu paus Botubarani, Gorontalo.

Setelah ditetapkan sebagai salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik, Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone yang memiliki destinasi wisata Hiu Paus, langsung mendapatkan visitasi dari Tim Penilai ADWI 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang berlangsung sejak 6 Juli 2023. Mulai dari Pembina Dewan Juri ADWI 2023, Prof. Azril Azhari dan Anggota Dewan Juri, Putu Ayu Anggraini hingga Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua dan Dewan Juri ADWI 2023 yang datang pada hari ini, Jum’at 7 Juli 2023. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button