Jawa Timur

Pemdes Panyepen Lakukan Giat Gerakan Pengendalian OPT Tanaman Pangan

BeritaNasional.ID Sampang – Pemerintah Desa Panyepen Kecamatan Jrengik, Sampang, Madura terus melakukan upaya meningkatkan kualitas tanaman padi lebih baik.

Kali ini petugas Pelatihan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Holtikultura ( PHPTPH) Laburaturium Pamekasan dan Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kecamatan Jrengik Sreseh bersama Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Jrengik melakukan giat penyemprotan yang berlokasi di area persawahan depan Balai Desa Panyepen Kamis (19/05/2022).

Kegiatan ini merupakan Gerakan Pengendalian Hama Wereng Batang Coklat (Gerdal WBC).

Kegiatan penyemprotan Gerdal tanaman padi yang digunakan pada penyemprotan saat ini Beauveria (agens hayati) yang sifatnya jangka panjang.

Saiful Rozaam selaku petugas Laburaturium Pelatihan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Holtikultura (PHPTPH) Pamekasan di bawah naungan Provinsi Jawa timur mengatakan, Agens Hayati merupakan pengendalian hama secara preventif atau secara dini,jadi sifat bukan langsung mati melainkan jangka panjang.

” Jadi Agens hayati ini hidup berkembang ketika kita menyemprotkan tanaman padi sekali,dan juga akan berkembang secara alami.” Dan Agens hayati yang dipakai sekarang ini bukan bakteri melainkan jamur dan sifatnya prasit,tuturnya.

Hal yang sama dengan yang dikatakan Rifki Napi’ Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kecamatan Jrengik dan Sreseh, pihaknya mengatakan pengendalian Agens hayati lebih preventif pencegahannya supaya serangan penyakit terhadap tanaman padi tidak separah pada tahun yang kemarin. Aplikasinya gak cukup sekali kalau bisa dua kali dalam seminggu karena prosesnya masa panjang.

” Yang di pakai dalam penyemprotan hari ini biasanya buat hama wereng dan walang sangit sehingga dia pencari mangsanya dari belakang dan saat ini yang diutamakan ke hama werengnya,katanya.

Sementara Penjabat (Pj) Kades Panyepen Choiriyah mengatakan, dengan giat yang dilakukan sekarang ini sangat menguntungkan untuk desa kami,karena masyarakat di sini mayoritas adalah petani.

” Dan saya juga berharap dengan giat penyemprotan yang dilakukan pada saat ini semoga para petani khususnya di desa Panyepen hasil tanaman padi lebih baik,sehingga petani lebih sejahtera ,tuturnya

Hadir dalam kegiatan tersebut,Penjabat (Pj) Kades Panyepen Choiriyah,Petugas Lab PHPTPH Pamekasan Saiful Rozaam,POPT Kecamatan Jrengik Sreseh Rifki Napi’,PPL Kecamatan Jrengik Musdalifah,PPL Desa Panyepen Khoirul Bariyah dan anggota kelompok tani desa Panyepen juga Perangkat Desa.(Zahrudin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button