DaerahEks Keresidenan Madiun

Pemdes Sambirejo Luncurkan Program Rolling Buku Peterpen

Beritanasional.ID, Madiun – Pemerintah Desa Sambirejo Kecamatan  Jiwan adakan program Rolling Buku Peterpan (Perpustakaan Terapan Untuk Kesejahteraan) bagi warga bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Madiun dalam menjaga gairah literasi di masa pandemi.

Hal tersebut dilakukan pada Kamis (28/1) di sekitaran Pasar Legi Sambirejo. Program ini dilaksanakan atas inisiasi Pemerintah Desa Sambirejo yang diwakili oleh Ajar Putra Dewantoro, M.Pd. Program ini mendapat perhatian khusus bagi warga khususnya pedagang UMKM di sekitaran Pasar Legi Sambirejo.

” Program rolling buku itu milik dinas perpustakaan, dan saya mengoptimalkanya untuk mampu diserap warga Desa Sambirejo. Adanya buku bacaan terapan ini sangat diperlukan sebagai pembuka wacana warga untuk berkreasi dalam bertahan diera pandemi yang menimpa.” ungkap Mas Guru Ajar yang merupakan Ketua IGI Madiun tersebut

Buku bacaan dalam Program Rolling Buku ini di titipkan ke tempat kegiatan UMKM warga diseputaran Pasar Legi. Pengunjung yang menikmati santapan khas desa berupa kopi klotok dan soto perkoel dapat menikmati pula bacaan yang tersedia.

Sebagai seorang yang berlatar berlakang sebagai guru, dirinya berharap literasi bagi warga harus terus dihidupkan. Tak terkecuali literasi di tempat-tempat umum seperti warung warung .

” Menjadi keinginan bersama untuk saling mengisi berupa sekumpulan ide dalam buku buku bacaan yang mungkin bisa menjadi lumbung inspirasi.” pungkas Kepala Dusun Perkoel tersebut

Sementara itu Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Madiun yang diwakili oleh Habib Abidulloh, S.IP Pustakawan Dinpus Kab. Madiun menuturkan :

” Semoga warga Desa Sambirejo terinspirasi dan bergeliat mengoptimalkan kemampuan ditengah pandemi dari sumber bacaan yang dibaca melalui program rolling buku perpustakaan daerah kabupaten madiun. ”

Sinergi masyarakat dan pemerintah harus tetap terjaga untuk saling menguatkan ditengah pandemi covid 19.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button