DaerahPendidikan

Pemilihan Ketua BEM FKIP Universitas Citra Bangsa Diwarnai Dengan Debat Terbuka

Beritanasional.id-Kupang NTT,- Pasangan Mardison Ingguoe dan Stefanus Ahoinai berhasil menang dalam perebutan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Citra Bangsa (UCB) periode 2022/2023 dengan memperoleh 224 suara. Kedua pasangan ini dinyatakan menang setelah melewati proses pemilihan BEM di Aula Kampus UCB pada, Sabtu 10 Desember 2022.

Pasangan Mardison dan Stefanus berhasil mengalahkan rival beratnya yakni, pasangan Bernardino Carvalho Do Rosario & Natalia Bela Wawo dengan perolehan 44 suara. Sedangkan, Imanuel Baok & Tiara Andayani Mansopu memperoleh 116 suara dari total pemilih 384 respondens.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan II FKIP Universitas Citra Bangsa (UCB), Femberianus Sunario Tanggur, S.Pd.,M.Pd. Pemilihan ini juga dipandu langsung oleh moderator Viktorius P. Feka, S.Pd.,M.A selaku Koordinator kemahasiswaan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa FKIP Universitas Citra Bangsa hingga membuat antusias pasangan calon (paslon) yang ada menjadi menggebu-gebu dengan diadakannya sesi tanya jawab dari audience kepada pasangan calon yang ada.

Tahapan debat yang dilakukan yakni, masing-masing pasangan calon memaparkan visi misi serta program kerja, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar pasangan calon dengan waktu 5 menit untuk menjawab.

Dilanjutkan dengan sesi pertanyaan oleh moderator dengan mengambil satu pertanyaan yang telah disediakan serta panelis memiliki hak untuk memberi pertanyaan kepada tiga pasangan calon dengan waktu 3 menit. Tak lupa pula audiens yang hadir diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada 3 pasangan calon yang ada. Tahapan terakhir yaitu closing statement oleh masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM.

Debat terbuka ini pun berjalan dengan lancar dan kondusif. Suasana mulai bergemuruh ketika sesi tanya-jawab antar pasangan calon. Selain itu, tanya-jawab dari audiens yang hadir tak kalah meriah dan membuat suasana debat semakin panas. Masing-masing pendukung pasangan calon turut hadir mendukung masing-masing kandidat calon ketua dan wakil ketua BEM.

Femberianus Sunario Tanggur, dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya berorganisasi. BEM, kata dia, adalah salah satu organisasi mahasiswa yang paling tinggi dalam struktur kepengurusan mahasiswa. BEM juga merupakan salah satu wadah atau corong aspirasi mahasiswa yang selalu berhubungan dengan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Ia menyampaikan kepada mahasiswa agar dapat mempertimbangkan pilihan mereka terhadap para kandidat berdasarkan program mereka. “Pada kesempatan tersebut, seluruh mahasiswa mendapatkan pemaparan tentang visi, misi maupun program dari setiap kandidat. Dan itu dapat menjadi pertimbangan bagi calon pemilih untuk dapat mendukung kandidat yang akan dipilihnya nanti,” katanya.

Ia menambahkan, Bahwa Debat BEM FKIP ini merupakan ajang untuk mempresentasikan visi, misi, program kerja dan beberapa mosi (LGBT dan Go Green) lewat bantuan moderator yang sangat komponen sehingga acara debat ini sehingga terlaksana dengan baik.

Sementara, Viktorius P. Feka mengatakan, Melalui Kegiatan Debat Pasangan Calon Ketua dan Wakil BEM FKIP Universitas Citra Bangsa ini diharapkan mampu memilih ketua dan wakil ketua BEM-FKIP (UCB) periode kepengurusan selanjutnya sesuai dengan minat para civitas di lingkungan FKIP Universitas dan mendorong peran aktif mahasiswa menyalurkan haknya dalam kancah perpolitikan mahasiswa sebagai miniatur warga dalam suatu negara.

Ia juga memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa FKIP periode 2022-2023 ini. “Seluruh civitas kampus mendoakan agar pasangan terpilih senantiasa diberikan kelancaran dalam menjalankan amanahnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap BEM kali ini mampu melakukan inovasi-inovasi yang dapat memajukan serta mengharumkan nama kampus sebagai Kampus swasta di NTT yang melahirkan lulusan berjiwa Entrepreneur Rohaniwan yang profesional serta berakhlak mulia.

Hadir pada kegiatan ini, Viktorius P. Feka, S.Pd.,M.A, Jhon Enstein, S.Kom.,M.Cs, Cornelia A. Naitili, S.Pd.,M.Pd dan Yonly A. Benufinit, S.Kom., M.T (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button