ACEH

Pemkab Aceh Utara Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting di 72 Gampong

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui DinasĀ  Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM-PPKB) setempat menggelar kegiatan penyuluhan dapur sehat guna mengatasi stunting (Dashat) di 72 Gampong dalam Kabupaten tersebut.

Adapun kegiatan yang dimaksud mulai digelar sejak Selasa 5 Desember hingga Kamis 14 Desember 2023 atau selama sepuluh hari kedepan.

Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr Drs Mahyuzar, MSi melalui Kepala DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH.MH kepada media ini mengatakan, program Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) ini merupakan program khusus yang sengaja diluncurkan BKKBN-RI dalam rangka untuk mencegah dan mempercepat penurunan stunting di Indonesia.

Fakhruradhi yang didampingi Kabid-KB, Azhar,SE dan Ketua Persagi Aceh Utara, Sri Mulyati Mukhtar, SKM, MKes, lebih jauhĀ  menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan melalui penyuluhan dan peragaan untuk memamerkan atau menyampaikan informasi kepada masyarakat terhadap bentuk dan cara pengelolahan makanan yang sehat dan bergizi.

Hari ini kata Fakhruradhi, kegiatan seperti ini berlangsung secara serentak di 72 Gampong yang tersebar di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, dan semua Desa tersebut merupakan Gampong KB (Keluarga Berkualitas).

Para Tim Dashat yang terdiri dari unsur Persagi (Persatuan Ahli Gizi), TP-PKK, DPM-PPKB,Ā  Dinkes/Bides, dan Ka.Balai KB serta PLKB melakukan peragaan dengan mengolah dan memasak makanan sehat tersebut dihadapan Ibu hamil, pasca salin, catin dan ibu-ibu lainnya di 72 Gampong tersebut.

Tujuannya adalah untuk memperlihatkan contoh makanan sehat yang harus dikomsumsikan oleh ibu-ibu tersebut, agar dirinya dan bayi-nya menjadi sehat. Sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit, serta terhindar juga dari Stunting, tandas Fakhruradhi.

Memang program Dashat ini adalah program khusus dari BKKBNĀ  sebagai program dan kegiatan dalam rangka upaya percepatan penurunan Stunting di daerah ini, apalagi angka Stunting kita hari ini lumayan tinggi, yaitu berdasarkan hasil survei dari SSGI berada pada angka 38,03.%.

Mudah-mudahan melalui dapur sehat atasi stunting (Dashat) yang kita gelar ini, maupun upaya lainnya yang juga dilakukan oleh stakeholder terkait lainnya, kiranya angka Stunting di daerah kita ini segera turun, tandas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button