AsahanDaerah

Pemkab Asahan Berangkatkan 14 Orang Warga Umrah Ke Mekkah

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan akan memberangkatkan sejumlah masyarakat khususnya yang beragama islam untuk melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci Mekkah.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan H. Surya Bsc melalui Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin SH, MM kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/11/2022).

Dikatakan Syamsuddin, pemberangkatan sejumlah masyarakat tersebut ke tanah suci merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih dari Pemkab Asahan atas sumbangsihnya dalam pembangunan daerah baik di bidang sosial, keagamaan, dan kemasyarakatan.

Masyarakat yang terpilih untuk menjalankan ibadah umrah tersebut berasal dari usulan setiap Kecamatan yang telah memenuhi syarat dan sudah ditentukan Tim Verifikasi yang terdiri dari pemenang MTQN Tahun 2022 pada golongan dewasa, guru swasta/ guru mengaji, pensiunan PNS yang tetap berperan aktif di bidang kemasyarakatan, praktisi hukum, nazir Masjid, kader penggerak pembangunan, tokoh masyarakat, pengurus Ormas Islam, tokoh agama dan bilal mayit.

Kepala Dinas Kominfo Asahan itu juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang nantinya akan diberangkatkan umroh agar dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah dengan lancar tanpa ada halangan apa pun.

“Semoga selalu dalam keadaan sehat dan diberikan kelancaran dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah. Serta selamat hingga kembali ke Kabupaten Asahan,” ujar Syamsuddin sembari berpesan agar senantiasa berdoa untuk kesejahteraan dan kemakmuran Kabupaten Asahan.

Sebelumnya Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan Ali Mughofar menyampaikan bahwa tahun ini Pemkab Asahan akan memberangkatkan sebanyak 14 orang masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci Mekkah.

Dijelaskan Ali, awalnya berdasarkan usulan dari setiap Kecamatan terdapat 125 orang masyarakat yang diusulkan untuk mengikuti ibadah umrah. Namun setelah melalui verifikasi dari Tim, tahun ini hanya sebanyak 14 orang saja yang mendapat program umrah dari Pemkab Asahan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Tim Imtaq Kabupaten Asahan. Dan masyarakat yang akan diberangkatkan umrah merupakan usulan dari setiap Kecamatan yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa masing – masing dan telah diverifikasi oleh Tim Verifikasi”, ujar Kabag Kesra.

Adapun masyarakat yang akan diberangkatkan umrah tahun ini antara lain pemenang MTQN tingkat Kabupaten Asahan cabang Hifzil Qur’an golongan 30 juz putra dan putri sebanyak 2 orang, pemenang MTQN tingkat Kabupaten Asahan cabang Tilawah golongan dewasa putra dan putri sebanyak 2 orang, guru mengaji, bilal mayit, guru swasta, dan penggali kubur.

Kemudian kader penggerak pembangunan seperti kader posyandu, nazir Masjid, tokoh masyarakat (pemuda, pensiunan PNS, praktisi hukum, praktisi pendidikan, pengurus ormas Islam), dan tokoh agama yang semuanya berjumlah sebanyak 14 orang, pungkas Ali Mughofar.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button