AsahanDaerah

Pemkab Asahan Gelar Orientasi Tugas LPM Desa & Kelurahan

BeritaNasional.ID, Kisaran – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Orientasi Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa/Kelurahan bertempat di aula Hotel Antariksa Kisaran, Rabu (07/04/2021).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail AP, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan LPM Desa/Kelurahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta dapat membantu Pemerintah Desa dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan desa.

Dikatakannya, kegiatan orientasi ini dilaksanakan selama 2 hari dan dimulai pada hari Rabu sampai dengan Kamis tanggal 7 dan 8 April 2021 sebanyak dua Angkatan. Dimana kegiatan ini diikuti oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa/Kelurahan sebanyak 204 orang peserta dari 25 Kecamatan se Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya Bsc dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution MSi menyampaikan bahwa kegiatan orientasi tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ini bertujuan untuk melatih dan membimbing pengurus LPM agar dapat memahami tugas pokok dan fungsinya guna mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat di desa.

Untuk itu Bupati berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya dan menimba ilmu sebanyak – banyaknya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker ketika beraktifitas, menghindari kerumunan dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung, ujar John Hardi menyampaikan sambutan Bupati.

Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan itu berharap kepada panitia penyelenggara dan nara sumber agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga proses orientasi tugas LPM ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat yang maksimal dalam proses pembangunan masyarakat desa di Kabupaten Asahan.

Adapun nara sumber dalam kegiatan itu terdiri dari Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail AP, MSi dengan materi Program Dinas PMD Tahun 2021, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Saprin Hutahean dengan materi penanggulangan covid – 19 di Desa/Kelurahan, Kepala Seksi Pendapatan Aset Desa Richa Sofya dengan materi peranan LPM dalam bidang penganggaran, pemanfaatan dan pengawasan Dana Desa/Kelurahan.

Selanjutnya Kepala Bidang Ekonomi Masyarakat dan TTG Dinas PMD Kabupaten Asahan Muad Fauzi Lubis dengan materi peran serta LPM dalam bidang Ekonomi Desa/Kelurahan, dan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Asahan Hj. Sri Humiatsih, SE dengan materi tugas dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button