DaerahJawa TimurSitubondo

Pemkab Situbondo Biarkan PJU dan Jalan Rusak Menuju Pelabuhan Jangkar

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Kepolisian Resor Situbondo Polsek Jangkar, meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo untuk segera melakukan perbaikan penerangan jalan umum (PJU) sudah delapan bulan rusak atau padam, Jumat (22/03/2024).

Padahal, PJU tersebut menuju ke pelabuhan penyeberangan lintas Jangkar – Madura dan Jangkar-Lembar (NTB). Apalagi, menjelang arus mudik Lebaran 1445 H, tentunya PJU tersebut sangat dibutuhkan.

“Saat ini sudah banyak titik lampu penerangan jalan umum yang sudah mati atau rusak di sepanjang jalan poros kecamatan menuju ke Pelabuhan Jangkar. Hal ini bisa membahayakan pengguna jalan,” jelas Kapolsek Jangkar AKP Agus Siswanto.

Lebih lanjut, AKP Agus Siswanto mengatakan, sudah sekitar delapan bulan lampu penerangan jalan umum tersebut mati. “Kami juga sudah sering menyampaikan agar PJU segera diperbaiki, apalagi sudah akan masuk arus mudik Lebaran 1445 H,” katanya.

Tak hanya itu yang disampaikan AKP Agus Siswanto, namun dia berharap penerangan jalan umum di sepanjang jalan yang menuju ke pelabuhan penyeberangan lintas Madura dan Jangkar dan Jangkar Situbondo-Lembar (Nusa Tenggara Barat) harus menjadi prioritas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sejak beberapa bulan terakhir ini Jalan menuju ke Pelabuhan Jangkar Situbondo menjadi jalur lalu lintas kendaraan truk besar yang akan menyeberang ke Lembar Nusa Tenggara Barat. Selain lampu penerangan jalan umum juga sudah ada beberapa titik yang rusak,” kata AKP Agus.

Jalan rusak berlubang, sambung AKP Agus, juga perlu diperbaiki khawatir truk bisa terguling dan mengganggu arus lalu lintas. “Saya berharap secepatnya PJU yang mati dan jalan yang berlubang diperbaiki,” pungkasnya.

Dilain pihak, Iwan Subhakti, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo mengatakan, pada hari ini pihaknya sudah mengirim petugas untuk melakukan perbaikan penerangan jalan umum. “Hari ini PJU menuju ke Pelabuhan Jangkar sedang diperbaiki, dan kemungkinan nanti malam sudah menyala,” kata Iwan.

PJU yang menuju ke Pelabuhan Jangkar tersebut, kata Iwan, sudah berulang kali diperbaiki berkali, tapi karena cuaca akhir ini kurang baik, maka banyak yang trouble. “Intinya PJU disana baik-baik saja, tapi karena memang faktor cuaca PJU didaerah trsebut banyak terdapat jaringan yang bersebelahan dengan ranting pohon, sehingga hal tersebut mengakibatkan terjadinya konsleting,” jelas Iwan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button