Ragam

Pemko Medan Gelar Peringatan Hari Lansia Tahun 2019

BeritaNasional.ID Medan – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengatakan, Pemko Medan akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya para lanjut usia (lansia) yang ada di Kota Medan agar mereka dapat tetap diberdayakan dalam setiap gerak pembangunan dengan memperhatikan fungsi-fungsi kearifan, keahlian, keterampilan dan pengalaman yang dimiliki masing-masing individu sesuai dengan usia dan kondisi fisiknya.

“Pemberdayaan para lansia ini perlu dilakukan agar mereka di usia menjelang senja masih bisa berkarya, berusaha berkreasi, berguna dan berkualitas di lingkungan masing-masing,” kata Wali Kota diwakili Kabag Sosial dan Pendidikan (Sospen) Setdako Medan Khoiruddin Rangkuti ketika menghadiri acara peringatan Hari Lansia 2019 di Hotel Soechi Medan, Rabu (31/7/2019).

Melalui peringatan Hari Lansia ini, Wali Kota mengajak semua untuk bisa mencintai para lansia, terkhusus yang ada di Kota Medan. Kemudian senantiasa memberikan kesempatan dan peran kepada kaum lansia. Sebab, banyak para lansia di tengah masyarakat yang masih potensial dan produktif.

Selanjutnya Wali Kota lebih jauh memaparkan, ada 5 hal harus dilakukan guna menciptakan suasana yang mendukung terjadinuya perubahan dan perilaku lansia untuk tetap sehat dan produktif. Selain mempromosikan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, juga menciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia.

Kemudian lanjut Wali Kota, menyediakan layanan kesehatan yang ramah lansia. Lalu, mempertimbanghkan pandangan lansia dalam setiap pengambilan keputusan. Yang terakhir bilang Wali Kota, senantiasa menyadari nilai kearifan lansia dan membantu mereka untuk berpartisipasi dalam keluarga maupun masyarakat.

“Melalui momentum peringatan Hari Lansia 2019, saya mengajak seluruh jajaran Pemko Medan serta seluruh komponen masyarakat untuk betul-betul menghadirkan good society. Insya Allah Kota Medan akan memiliki peradaban mulia,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Medan Drs Khairil Anwar, berharap agar kaum lansia senantiasa optimis dengan pengalaman dan keprofesionalan yang dimiliki masing-masing. Di samping itu juga harus dapat menjadikan diri tetap sehat dan bugar tanpa ada rasa benci sedikit kepada siapa pun.

Selaku pengurus LLI Kota Medan, Khairil mengungkapkan, rencana mengembangkan dan merumuskan kebijakan secara umum dalam mendukung berbagai upaya dari keluarga dan masyarakat terhadap penduduk lansia. Kemudian kebijakan dalam perbaikan pelayanan kesehatan, termasuk jaminan sosial terhadap lansia.

“Kita juga akan mengukuhkan komitmen dn kerjasama dengan berbagai pihak, terutama yang terkait dalam operasional dan program pembinaan lanjut usia. Alhamdulillah, tahun ini kita dapat bermitra dengan Lions Club untuk pelayanan katarak gratis,” papar Khairil.

Peringatan Hari Lansia 2019 berlangsung cukup meriah, serangkaian kegiatan pun digelar. Selain diisi dengan ceramah tentang kesehatan lansia, juga digelar lomba merangkai bunga, fashion show serta lomba puisi. Seluruh kegiatan diikuti para lansia dengan gembira dan penuh antusias. Meski sudah tidak muda lagi namun para lansia tampil cukup baik sehingga mengundang tepuk tangan dari para peserta yang hadir. Sebagai bentuk apresiasi, sejumlah hadiah menarik pun disediakan bagi para pemenang lomba. (Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close