Jawa Tengah

Pemuda Pancasila bersama Baznas Kota Tegal Gelar Sunatan Massal bagi 50 Anak dari Keluarga Kurang Mampu

Beritanasional.id, Tegal – MPC Pemuda Pancasila Kota Tegal bersama Baznas Kota Tegal dan RSUD Kardinah menyelenggarakan kegiatan sosial Sunatan Massal bagi 50 anak dari 4 kecamatan se-Kota Tegal, pada hari Sabtu (25/6/2022).

Acara seremonial yang bertajuk Sunatan Massal MPC Pemuda Pancasila dan Baznas didukung oleh Pemkot Tegal, RSUD Kardinah Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, yang dihadiri oleh beberapa unsur pimpinan MPC PP, Kesbangpolinmas mewakili Pemkot Tegal dan seluruh pengurus MPC PP, Srikandi PP dan Koti PP.

Perwakilan Baznas Kota Tegal Gito Musriyono mengatakan, kegiatan Sunatan Massal yang dilaksanakan oleh MPC Pemuda Pancasila Kota Tegal bekerja sama dengan Baznas Kota Tegal dan RSUD Kota Tegal telah berjalan lancar.

“Semua lancar, anak-anak kelihatan sehat semua, tentu kedepannya diharapkan dapat lebih maksimal. karena kemarin kan pandemi anak-anak ini mau sunat belum bisa, sehingga pada tahun ini karena jumlahnya dibatasi, maka hanya 50 anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk orang tua yang anak-anaknya belum berkesempatan tahun depan diharapkan ada program lagi.

“Saya ucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keberhasilan pelaksanaan kegiatan kali ini dan kami juga terima kasih bisa ikut berpartisipasi dan harapan kami ke depan anak-anak semua setelah disunat bisa tambah soleh, tambah rajin sekolahnya dan ibadahnya berbakti kepada orang tua,” pesannya.

Kepala Kesbangpol Pemkot Tegal, Budi Sapta Aji menyampaikan rasa apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan MPC Pemuda Pancasila Kota Tegal.

“Kami mewakili Pemerintah Kota Tegal menaruh apresiasi dengan kegiatan untuk kemaslahatan masyarakat,” ujar Budi Sapta Aji dalam sambutannya.

Menurutnya, meski diluar Kota Tegal banyak terjadi gesekan kepentingan ormas, namun di Kota Tegal sendiri ormas dapat berjalan seiring tanpa ada kejadian gesekan tersebut.

“Alkhamdulillah di Kota Tegal antar ormas tidak terjadi gesekan dan mereka berjalan beriring bersama dalam mewujudkan kemaslahatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ahmad Firdaus Muhtadi mewakili Ketua MPC PP Kota Tegal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Sunatan Massal memiliki dua makna penting pertama untuk menjaga kesucian ibadah kelak dikemudian hari, juga bermanfaat bagi kesehatan.

“Selain itu, PP memberanikan diri melaksanakan khitanan massal pertimbangannya karena pada massa pandemi banyak orang tua yang berat mengkhitankan karena persoalan ekonomi, sehingga PP berinisiatif membantu mereka meringankan beban ekonomi orang tua untuk mengkhitankan anak-anaknya,” ungkapnya.

Komandan Koti Pemuda Pancasila Kota Tegal, M. Fery Manggarano menuturkan, bahwa pada dasarnya Pemuda Pancasila merupakan organisasi sosial kemasyarakatan maka kegiatan Sunatan Massal merupakan bagian dari visi misi organisasi.

“Kita peduli masa pandemi merupakan masa yang sulit bagi para orang tua untuk mengkhitankan anak-anaknya. Maka pada momen yang pas dimana anak-anak saat ini memasuki musim liburan kita bikin program sunatan massal,” terang Pele sapaan akrab Ferry Manggarano.

Menurutnya anak-anak yang melaksanakan khitan mendapatkan beberapa bingkisan berupa baju koko, peci, sarung dan sandal serta uang senilai Rp500 ribu.

Tentang pemberian bingkisan bagi anak-anak yang dikhitankan, diperjelas oleh Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Kota Tegal, Khurotul Jannah yang menyebutkan bahwa atas dukungan semua pihak sehingga anak-anak yang dikhitan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sosial Sunatan Massal oleh Pemuda Pancasila dari Pemkot Tegal, Baznas dan RSUD Kardinah,” ucapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button