Daerah

Pemulihan Sektor Pariwisata, Tetap Dibarengi Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

BeritaNasional.ID, Magetan – Pandemi Covid-19 bukan saja berdampak pada sektor pendidikan dan sektor ekonomi. Namun wabah ini juga memporak-porandakan sektor lainnya yakni pariwisata.

Tak terkecuali di Magetan. Sejak Pandemi Covid-19, tidak sedikit pengusaha travel, kuliner, dan perhotelan sangat merasakan dampaknya.

Melihat fenomena itu, pemerintah berupaya kembali membangkitkan sektor pariwisata. Pemerintah Kabupaten Magetan pun kembali membuka secara bertahap sejumlah kawasan pariwisata.

Hal itu dilakukan sebagai upaya dimulainya aktivitas berbasis ekonomi dan konservasi di tengah pandemi Covid-19. Pembukaan tempat pariwisata sejalan dengan keinginan masyarakat, diiringi dengan persiapan yang secara terukur oleh pemerintah.

Berdasarkan pantauan awak media “pewarta” di tempat wisata yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Magetan, Jumat petang (25/9/2020), pengunjung wisata Telaga Sarangan cukup ramai, namun tetap menerapkan protocol kesehatan.

Dari pintu masuk Telaga Sarangan petugas sudah melakukan physical distancing dan mengukur suhu tubuh pengunjung. Pengunjung dihimbau tetap menggunakan masker saat berada di kawasan wisata Telaga Sarangan.

Santy (23) wisatawan asal Kabupaten Ngawi mengaku jenuh karena beberapa bulan tidak bepergian kemana – mana, dan ingin berwisata untuk melepas penat.

“Kami rombongan satu mobil dari Ngawi mas, Jenuh beberapa bulan dirumah saja. Begitu tau dari berita di facebook Sarangan buka kami segera atur jadwal piknik.” Ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Venly Tomi Nicolas mengatakan, awal tahun Pariwisata di kabupaten Magetan kehilangan wisatawan domestik sebanyak puluhan ribu. Padahal Wisatawan Domestik menyumbang sekitar 90 persen terhadap total wisatawan yang datang ke Magetan pada tahun lalu.

“Virus corona berpotensi melenyapkan Milyaran rupiah dari sektor pariwisata Magetan. Aktivitas pariwisata Magetan diprediksi melonjak setelah pembatasan sosial.”Tutur Venly.

Jumlah wisatawan Domestik maupun Manca Negara ke Magetan mengalami penurunan tajam hampir 90% pada April 2020 jika dibandingkan dengan April 2019.

“Dampak Covid-19 ke tingkat kunjungan turis domestik dan mancanegara betul-betul luar biasa,”ucap Venly.

“Bagaimanapun, pemulihan sektor pariwisata harus tetap dilakukan, namun tetap dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda.” Pungkas Venly.(Is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close