Jawa Tengah

Penanganan Bencana di Kabupaten Tegal, Pemdes Diharapkan Turut Serta Berperan

BeritaNasional.ID, Tegal – Kabupaten Tegal yang merupakan salah satu daerah rawan bencana, harus di antisipasi dengan berbagai cara sehingga tidak menimbulkan dampak korban jiwa.

Beberapa stakeholder pun harus siap untuk bersinergi dalam membantu menangani permasalahan bencana di Kabupaten Tegal, termasuk pihak pemerintah desa yang juga punya anggaran penanganan bencana.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal, H Iman Sisworo, SH ketika ditemui BeritaNasional.ID di ruang kerjanya, pada Jum’at (17/2/2023).

“Kalau ada kejadian yang ringan dan masih bisa ditangani oleh pemerintah desa ya harusnya lakukan, meskipun nantinya PMI juga akan turun tangan apabila kondisi dianggap sudah tidak memungkinkan,” ungkap Iman.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, setiap ada kejadian bencana PMI Kabupaten Tegal selalu turun tangan sebagai garda terdepan dalam tugas kemanusiaan.

“Kami dari PMI Kabupaten Tegal selalu terjun membantu evakuasi kejadian bencana dan ketika kami mengetahui ada bencana, biasanya kami hanya butuh waktu dua jam untuk sampai di lokasi, itu target daerah yang sulit dijangkau,” jelasnya.

Terkait dengan mekanisme anggaran, disebutkan oleh Iman, PMI Kabupaten Tegal telah diaudit oleh pihak auditor dari Provinsi Jawa Tengah.

“Penggunaan anggaran PMI Kabupaten Tegal telah dilakukan audit dari Provinsi Jawa Tengah dan mendapatkan hasil yang bagus dalam pengelolaan keuangan. Ini hasil apa adanya, karena kita bekerja dengan ikhlas,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, PMI Kabupaten Tegal telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan dengan sumber dana dari hasil penggalangan, sehingga penggunaannya pun kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button