ACEHAcehDaerahPendidikanPolitik

Pendataan Siswa SMA Sebagai Pemilih Pemula Jadi Skala Prioritas Panwaslih Aceh Tamiang

Beritanasional.id, ACEH TAMIANG – Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Kepala Sekolah Menengah Atas dilibatkan dalam rapat koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) bersama Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar kegiatan, di Aula Serkretariat Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa, 24 Mei 2022.

Rakor dimaksud merupakan hal yang sangat penting untuk menuju suksesnya pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024, demikian ungkap Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran.

“Daftar pemilih adalah untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan. Ini penentu awal keberhasilan penyelenggaraan pemilu,” Papar Imran dalam sambutannya.

Menurut Imran, pemutakhiran data tersebut menjadi data individu yang dapat digunakan saat hari pemungutan suara. Maka pengawasan dan koordinasi tentang data pemilih terutama pemilih pemula yang saat ini berada di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) menjadi perhatian.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan Hubal Lindawati mejelaskan bahwa Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang selama ini telah melakukan pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan oleh KIP Aceh Tamiang sejak tahun 2020 lalu.

“Kita selalu mengawasi Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan oleh KIP, kita juga selalu melakukan koordinasi dengan stagholder dalam mensosialisasikan soal data pemilih,” ujar Lindawati.

Terkait hal yang sama, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, Ishak juga menjelaskan kalau pihaknya telah melakukan kerja sama baik itu dengan cabang dinas Pendidikan untuk yang setingkat SMA serta Kemenag.

“Kita lakukan kerja sama dalam menyusun daftar pemilih, terutama pemilih pemula, artinya Pemilih Pemula itu sangat banyak di tingkat SMA, MA Dan SMK, kita juga berharap kepada semua pihak untuk bisa saling mendukung, sehingga lahir daftar pemilih yang siap digunakan saat pemilihan umum di Kabupaten Aceh Tamiang nantinya,” sebut Ishak.

Dikatakannya, untuk saat ini Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Kabupaten Aceh Tamiang mencapai 197.283 dengan rincian laki-laki 98.623 dan perempuan 98.660.

Acara tersebut hadiri segenap petinggi Panwaslih setempat seluruh Komisioner KIP serta Kepala Sekolah yang masing-masing adalah Kepala Sekolah SMA 1 Karang Baru, Fami Putra, S.Pd, Kepala SMK 2 Percontohan, Ayjumirta,S.Pd, Kepala MAN 2 Aceh Tamiang, Dra. Nurbaini, Kelapa Sekolah SMAN 1 Karang Baru, Asari, S.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, Muhammad. [] SUPARMIN

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button