Nasional

Pengamat IPAC: Teror Surabaya Konflik Ambon Dan Poso Jadi Pemicu Peristiwa

BeritaNasional.ID Jakarta – Aksi teror terjadi di tiga gereja di Surabaya beberapa waktu lalu. Aksi tersebut dilakukan oleh satu keluarga.

Pengamat Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sidney Jones mengatakan konflik Ambon dan Poso bisa jadi pemicu peristiwa tersebut. Dia bilang, konflik Ambon dan Poso yang banyak menelan korban dari kalangan muslim sehingga membuat teroris mengincar gereja untuk melakukan aksi teror.

“Kelompok teroris memandang gereja adalah media untuk membalas dendam,” kata Jones saat diskusi bertema Menguak Fakta Aktual Radikalisme dan Terorisme di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Selain itu, Jones mengatakan teroris umumnya juga memandang gereja sebagai tempat kristenisasi. Hal tersebut dipandang teroris sebagai upaya melawan islam.

Lebih lanjut lagi, Jones menilai penyerangan terhadap gereja juga dilatarbelakangi oleh ideologi yang dianut kelompok teroris negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Di timur tengah, ISIS memandang gereja sebagai simbol kekuatan dunia barat, khususnya tahta suci di Roma Italia, sehingga harus diperangi.

“Faktor-faktor ini yang menyebabkan kelompok teroris mengincar gereja,” ujarnya. (dki1/bn.id)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button