KemendagriMakassarMetro

Pengurus PDIP Pusat Dukung Bro Rivai Ras Menuju Pj Gubernur Sulsel

BeritaNasional.ID.Makassar .Sulsel —Masuk dalam kamdidat bursa calon Pj Gubernur Sulawesi Selatan , Laksma TNI AL Abdul Rivai Ras yang akrab disapa bro Rivai , memiliki peluang yang besar menggantikan Andi Sudirman Sulaiman , 5 September mendatang .

Hal tersebut disampaikan oleh pengurus pusat PDIP Prof Hamka Haq , memgatakan
Indikasinya adanya kedekatan Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam RI itu dengan petinggi PDI Perjuangan.

Dalam beberapa kesempatan, pendiri Universitas Pertahanan (Unhan) itu selalu bersama para petinggi partai banteng moncong putih itu seperti Ketua Umum, Megawati Soekarno Putri, Sekjen Hasto Krisyanto, dan lain-lain. Seperti baru-baru ini, di Kampus Unhan Bro Rivai sapaan akrabnya, mendampingi petinggi PDIP dimaksud.

Lanjut Hamka Haq , Memang Bro Rivai salah satu bagian penting yang ikut mengembangkan riset geopolitik Bung Karno. Tak hanya itu, Bro Rivai dan Megawati sama-sama pernah menerima tanda jasa kepoloporan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Bro Rivai menerima penghargaan dalam bidang pendidikan pertahanan. Medali Kepeloporan adalah tanda jasa yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. Medali Kepeloporan diberikan kepada seorang perintis, penemu, maupun pengembang suatu karya atau bidang yang bermanfaat bagi bangsa, negara, dan pembangunan Indonesia.

Pengurus Pusat PDI Perjuangan ini mendukung sepenuhnya.Bro Rivai ,  Di matanya, Bro Rivai sosok yang tepat menjabat Gubernur Sulsel hingga 2024 mendatang. “Sangat mantap sesuai harapan,” puji Hamka Haq.

Senada disampaikan Sekretaris PDIP Perjuangan Sulawesi Selatan, Rudi Peter Gony (RPG). Saat ditanya bagaimana tanggapan soal isu PJ Gubernur di Sulsel, pihaknya mengaku akan sejalan dengan arahan dari pimpinan pusat.

“Kami menunggu arahan DPP PDIP. Tentu kami patuh dan mengikuti yang diinstruksikan,” ujar Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Dukungan juga datang dari Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti. Bahkan, tokoh asal Enrekang itu mengaku telah memasukkan surat komendasi Pj Gubernur Sulsel atas nama Laksma TNI Abdul Rivai Ras Bro ke Mendagri, Tito Karnavian.

Dibutuhkan sosok yang bisa mengembalikan pemerintahan di Sulsel ini ke rel semula. Nah, itu ada pada diri Rivai Ras kalau saya lihat yah,” sebut La Nyalla. dilansir Heral.id

Terkait PJ Gubernur Sulsel, usulan dari DPRD Sulsel ke Mendagri minimal dua hingga tiga nama. Dengan adanya dukungan dari Demokrat dan PDIP, maka Bro Rivai sisa membutuhkan usulan dari tujuh fraksi lainnya dari total sembilan fraksi di DPRD Sulsel.

Sumber internal di Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, nama Bro Rivai memang menguat mengisi posisi PJ Gubernur Sulsel September mendatang. Tiga syarat sudah terpenuhi.

Pertama, syarat eselonisasinya sudah terpenuhi sebagai pejabat eselon satu, dan bekerja di lingkungan kementerian lembaga yakni Kemenkopolhukam yang relevan dengan bidangnya sebagai staf ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, di mana Sulsel adalah provinsi yang berbasis maritim.

Kedua, Bro Rivai putra asli Sulsel. Juga sosok yang memiliki kompetensi dalam mengawal pemerintahan dan kapasitas dalam menjaga stabilitas keamanan, yang notabene Sulsel merupakan wilayah rawan konflik menjelang pemilu 2024. Rivai dinilai memiliki kemampuan itu karena berlatar pendidikan Ilmu politik dan ketahanan nasional.

Di samping sebagai Pati TNI yang berpengalaman di bidang birokrasi. Ia pernah mengabdi di lembaga kepresidenan, sekmilpres Kemensesneg RI, stuktural di Ditjen Stategi Pertahanan, termasuk pernah menjadi perwira pengelola barang dan jasa Alutsista di Pusalpalhan Baranahan Kemenhan RI, Sahli Panglima Tk II bidang Sosial Budaya, Hukum dan HAM, serta pendiri dan dosen Universitas Pertahanan RI.Baik secara geografis maupun budaya karena kebetulan sebagai putra daerah Sulsel asal Bone juga dekat dengan masyarakat, dunia kampus, dan lembaga agama serta pesantren. (Wahyuni)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button