Jawa Tengah

Peningkatan Pelayanan dan Inovasi RSI PKU Muhammadiyah Tegal Dimasa Pandemi Covid-19

Sebagai Upaya Turut Serta Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Serta Memberikan Edukasi dan Informasi Kepada Masyarakat

BeritaNasional.ID, Tegal – Dalam situasi Pandemi seperti ini, masyarakat tentunya membutuhkan pelayanan kesehatan yang efektif dan tepat sasaran guna mencegah menyebarnya virus semakin luas.

RSI PKU Muhammadiyah Tegal sebagai salah satu rumah sakit di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah tentu sadar dan turut andil dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan pelayanan dan kesesuaian standar pelayanan dari Pemerintah dan WHO yang diterapkan oleh RSI PKU Muhammadiyah Tegal.

Menurut Humas RSI PKU Muhammadiyah Tegal, Dhinar Aji Pratomo, peningkatan pelayanan ditengah Pandemi ini di antaranya dengan menyediakan fasilitas Pendaftaran Online dan Jasa Pengantaran Obat. Pendaftaran Online ditujukan untuk mengurangi antrian pasien saat berobat dan membantu masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Aplikasi Pendaftaran Online dapat di unduh melalui Playstore dengan kata kunci ‘GATE RSI Singkil’. Aplikasi ini juga menyediakan Informasi jadwal praktik dokter, ketersediaan ruangan, dan informasi antrian poliklinik” ujar Dhinar, Jum’at (27/11/2020).

Selain itu, RSI PKU Muhammadiyah Tegal juga memberikan fasilitas Jasa Pengantaran Obat atau “Halobro”. Setelah selesai berobat, pasien tidak perlu menunggu obat. Obat akan dikirim oleh petugas Halobro.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, RSI PKU Muhammadiyah Tegal juga memiliki standar pelayanan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan Pemerintah dan WHO. Setiap pasien wajib dilakukan skrining sesuai alur pelayanan pasien Covid-19.

“Skrining Covid-19 biasanya dilakukan terhadap pasien yang memiliki gejala batuk, suhu badan tinggi, gejala pernafasan , dan faktor resiko lainnya. Jika saat skrining pasien tidak menunjukan faktor gejala Covid-19, maka pasien akan dilanjutkan pemeriksaan ke IGD. Namun, jika hasil skrining menunjukan faktor gejala Covid-19, maka pasien akan diperiksa di ruangan Isolasi Transit” jelasnya.

Ruangan Isolasi yang dimiliki RSI PKU Muhammadiyah Tegal sudah sesuai dengan standar penanganan Covid-19 dan terpisah dari ruang rawat inap lainnya. Dalam melakukan pelayanan, petugas kesehatan juga dilengkapi dengan APD dan perlengkapan lainnya sesuai standar yang sudah ditetapkan pula.

Meskipun berbagai upaya pencegahan penularan sudah dilakukan, namun diperlukan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam penanganan Covid-19. Sinergitas ini akan saling menguatkan masyarakat untuk terbebas dari virus Covid-19.

Masyarakat diharapkan tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.*

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button