AdvedtorialGorontaloPendidikan

Penjagub Gorontalo Dorong Perguruan Tinggi Tingkatkan IPM Daerah

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo Ismail Pakaya mendorong perguruan tinggi di daerah untuk terus memberikan kontribusi positif dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ia mengatakan, pendidikan menjadi salah satu penunjang peningkatan IPM di luar bidang kesehatan dan ekonomi.

“Kontribusi-kontribusi dunia pendidikan terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo sudah cukup bagus. Ini terus kita tingkatkan, karena walaupun IPM kita mengalami peningkatan, tapi masih rendah dibanding daerah lain,” pinta Ismail saat menghadiri Kegiatan Pekan Sains dan Teknologi Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Minggu (12/11/2023).

Ismail menambahkan, IPM Provinsi Gorontalo sendiri memang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun peningkatan tersebut masih cukup rendah dibanding provinsi lainnya. Olehnya, ia meminta kepada perguruan-perguruan tinggi untuk terus bersama-sama dengan pemerintah dalam mengisi pembangunan yang ada di Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu juga, Ismail mengapresiasi Kegiatan Pekan Sains yang diselengarakan oleh Senma Fakultas Sains dan Ilmu Komputer UMGO. Ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh para mahasiswa, karena kemampuan dan kompetensi tidak hanya didapatkan dari pembelajaran formal saja, tapi juga kegiatan ekstra.

“Karena saat kita lulus belum tentu kita bekerja sesuai dengan background pendidikan kita, kecuali fakultas kedokteran,” tuturnya.

Kegiatan Pekan Sains ini turut dirangkaikan dengan lomba bola voli tingkat SMA/SMK se-derajat. Isentif tambahan akan diberikan oleh Ismail kepada pemenang I dan II sebagai bentuk motivasi agar mereka terus mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Lomba final voli tersebut mempertemukan antara SMK Negeri 1 Limboto dengan SMA Negeri 1 Bongomeme. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button