GorontaloPemerintahanTNI Dan Polri

Penjagub Gorontalo Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Lapangan Kompi Bantuan Batalyon Infanteri (Kiban Yonif) 713/ST, Kota Gorontalo, Kamis (5/10/2023).

Turut menghadiri upacara, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Joko Irianto, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris R.A. Jusuf, Kepala Pengadilan Tinggi Gorontalo, serta unsur Forkopimda lainnya.

Pasukan peserta upacara terdiri dari Kelompok Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) Korem 133/NW, Kodim 1314 Gorontalo Utara, dan Kodim 1315 Kabupaten Gorontalo.

Selanjutnya, Brigade Infanteri 22/Ota Manasa, Batalyon Infanteri Raidar 715/Motuliato, Batalyon Infanteri 713/Satyatama, dan Kodim 1304 Kota Gorontalo. Ada juga Angkatan Laut Bersenjata, Brimob Polda Gorontalo, Komponen Cadangan Provinsi Gorontalo, Resimen Mahasiswa, Pramuka Saka Wirakartika, dan SMA Terpadu Wira Bakti.

Oleh Panglima TNI, momentum perayaan HUT ke-78 para prajurit bangsa yang mengusung tema, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju ini diminta agar dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk menjadikan TNI lebih profesional dan modern. Harapannya untuk kedepannya, TNI juga dapat lebih tangguh.

“TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi, untuk itu saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan para prajurit selama ini. Terlepas dari itu semua, kita juga tidak boleh terlena, karena beragam tantangan yang nanti akan kita hadapi tidaklah ringan,” kata Panglima TNI dalam amanatnya yang disampaikan oleh Komandan Korem 133/Nani Wartabone (NWB), Brigjen TNI Totok Sulistyono.

Panglima TNI juga menegaskan bahwa melalui kekuatan TNI sebagai komponen utama ketahanan negara, maka TNI juga berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam pengawalan demokrasi di negeri ini.

Utamanya pada 2024 mendatang akan ada pemilihan serentak, seluruh prajurit diminta untuk antisipatif melihat dinamika dan perkembangan situasi bangsa. Mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk turut menjadi komitmen bersama.

Setelah upacara berlangsung, kegiatan perayaan HUT ke-78 TNI tersebut dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng serta acara ramah tamah dan pemberian bantuan sosial berupa sembako oleh Pejabat Forkopimda Gorontalo kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button