AdvedtorialGorontalo

Penjagub Gorontalo Minta OPD Siapkan Fasilitas Ramah Disabilitas

BeritaNasional.ID, GORONTALO –
Penjabat Gubernur Ismail Pakaya meminta kepada seluruh pimpinan OPD untuk dapat menyiapkan fasilitas ramah disabilitas di kantornya masing-masing. Seperti halnya satu tangga yang bisa diakses oleh pengguna kursi roda, parkiran kendraan, dan toilet khusus.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional sekaligus pengukuhan Fima Agustina sebagai Bunda Disabilitas, yang berlangsung di Bele Li Mbui, Minggu, (3/12/2023).

“Provinsi Gorontalo sudah berusia 23 tahun, kita tingkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang menyandang disabilitas. Mari bersama kita jadikan Gorontalo sebagai daerah yang ramah dan inklusif bagi semua,” lanjut Penjagub.

Hal tersebut diselaraskan Penjagub berdasarkan hasil rapat khusus DPRD provinsi yang membuat Peraturan Daerah (Perda) ramah disabilitas. Menurutnya para penyandang tidak membutuhkan rasa kasihan tapi hanya perlu pelayanan dan akses khusus untuk mengekspresikan kemampuan yang mereka miliki.

Selain itu, Ismail juga menyebut kantor Gubernur Gorontalo tidak ramah disabilitas.

“Jalan Kantor Gubernur Gorontalo itu tidak ramah disabilitas, yang mereka butuhkan itu misalnya tangga, ada jalan, ada parkiran khusus. dan saya yakin semua kantor di Provinsi Gorontalo sepertinya tidak disiapkan untuk itu,” ungkapnya. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button