Daerah

Penjualan Benih Lobster Ilegal Berhasil Digagalkan Satreskrim Polresta Banyuwangi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Satreskrim Unit Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Polresta Banyuwangi berhasil megagalkan upaya pengiriman 21.000 benih bening lobster (BBL). Sedianya, BBL illegal yang ditaksir senilai 1.5 milyar rupiah tersebut hendak dikirim dengan tujuan Kota Tangerang, Banten.

Tim Resmob yang dipimpin langsung Kanit Tipidsus Ipda Nurmansyah, SH, MH, ini berhasil menghentikan laju kendaraan yang digunakan para pelakuyang mengangkut benih lobster sekitar pukul 07.00 WIB saat melintas di jalan raya Kalibaru. Puluhan ribu benih lobster yang rencananya akan dikirim ke Tanggerang, Banten tersebut bakal di ekspor ke Negara Vietnam.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, melalui Kasatreskrim AKP Mustijat Priyambodo menyatakan, keberhasilan ungkap kasus penjualan benih lobster ilegal ini berdasar informasi dari masyarakat.

“Kemudian informasi tersebut ditindaklanjuti tim Resmob dan tim Satgas benur Polresta Banyuwangi dengan melakukan penyelidikan,” jelas AKP Mustijat Priambodo, saat konferensi pers, Jumat (30/4/2021) malam.

Ini dia BB 21.000 BBL yang berhasil Polresta Banyuwangi
Ini dia BB 21.000 BBL yang berhasil Polresta Banyuwangi

Setelah tim Resmob melakukan pengawasan tepatnya di jalan raya masuk Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, akhirnya berhasil mengamankan dua orang yang diduga membawa benih lobster. Kedua pelaku berinisial FR (21) berperan sebagai sopir, dan RT (33) berperan sebagai kurir. Kedua pelaku tersebut merupakan warga Kecamatan Giri, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 11 box sterofoam warna putih yang berisi benih lobster jenis pasir sebanyak 21.000 ekor, 1 unit mobil pick up L300, dan HP milik para pelaku.

“Mereka dibekuk pada saat melintas dan akan membawa benih lobster itu menuju ke Kota Tangerang, Banten. Adapun tujuan akhir dari pengiriman benih lobster ini ke luar negeri, yakni Negara Vietnam. Dari pengungkapan ini, kita berhasil menyelamatkan kekayaan negara sebesar Rp 1,5 miliar rupiah,” pungkas AKP Mustijat Priyambodo. (Harry)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button