DaerahPolitik

Penuhi Syarat, DPD Partai Hanura NTT Lolos Verifikasi Faktual Pemilu 2024

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan verifikasi faktual dan menyatakan Partai Hati Nurani Rakyat Atau Hanura lolos memenuhi syarat verifikasi faktual sebagai partai politik peserta pemilu 2024.

Verifikasi Faktual di DPD Partai Hanura Provinsi NTT dipimpin oleh perwakilan dari komisioner KPU Jefri Gala, dan verifikator yang ditunjuk oleh KPU provinsi NTT dan disaksikan langsung juga oleh tim dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT dipimpin oleh Erni Wake.

Kedatangan Tim dari KPU dan Bawaslu Provinsi NTT ke Sekretariat DPD Partai Hanura Provinsi NTT, Senin 17 Oktober 22 diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, Sekretaris, Elias Koa, S.I.P, Ketua Bapilu, Siprianus Woka Ritan, SE., Anggota DPRD Partai Hanura dan seluruh jajaran pengurus DPD Partai Hanura Provinsi NTT.

Pantuan awak media ini, Dalam kesempatan itu, Tim KPU memeriksa satu persatu segala persyaratan yang dibutuhkan untuk berdirinya partai politik, seperti SK Kepengurusan dari Dewan Pimpinan Pusat, keterwakilan 30 persen perempuan, surat keterangan domisili kantor dan perlengkapan kantor lainnya.

Tim verifikator KPU yang disaksikan oleh Bawaslu Provinsi NTT juga memeriksa secara teliti kesesuaian antara nama, nomor induk kependudukan (NIK) dengan nomor Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik dari setiap pengurus yang ada di tingkat provinsi.

Setelah menjalani verifikasi secara faktual, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi NTT, Drs. Refafi Gah., SH.,M.Pd mengaku lega. “Saya juga puas, karena seluruh data yang diperiksa oleh tim KPU tersedia secara lengkap dan sesuai dengan yang dibutuhkan,” ujarnya.

“Jadi dengan demikian pada kesempatan kesimpulan akhir pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor partai politik Hanura di tingkat (Daerah) Prov. NTT kami nyatakan memenuhi syarat,” jelasnya.

Ia menambahkan, Dalam verifikasi kepengurusan DPD Partai Hanura ini, pihak KPU juga terpaksa melakukan secara video call terhadap beberapa pengurus karena berada diluar daerah dengan keperluan masing-masing. Sehingga dalam video call, yang bersangkutan menunjukan kartu tanda penduduk dan kartu keanggotaan DPD Partai Hanura Provinsi NTT.

“Syukur Partai Hanura telah diverifikasi faktual dan kami dinyatakan memenuhi syarat. Verifikasi tadi juga didampingi Bawaslu ,” ujarnya.

Refafi mengatakan, setelah menjalani verifikasi faktual di tingkat Provinsi, DPD Partai Hanura NTT, saat ini langsung memonitor kesiapan DPC Partai Hanura di tingkat kabupaten/kota untuk menjalani verifikasi faktual, termasuk keanggotaan.

Ia mengaku, bahwa dengan lolosnya Partai Hanura dari verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU, merupakan langkah awal perjuangan untuk perolehan suara partai pada pemilu 2024 nanti.

“Sembari menunggu putusan, Partai Hanura juga terus bergerak dengan kerja-kerja politik dalam menghadapi pemilu 2024 di antaranya rekrutmen dan seleksi calon legislatif, rekrutmen saksi, penguatan kapasitas kader melalui Roadshow, serta konsolidasi kesiapan seluruh struktur sampai ke tingkat anak ranting, agar nantinya Hanura kembali ke Pintu Senayan”, tandasnya.

Dikatakan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) optimis kembali lolos ke Senayan di Pemilu 2024. Beragam evaluasi telah dilakukan. Partai pimpinan Oesman Sapta Odang ini tengah bersiap menghadapi verifikasi berikutnya.

“Partai Hanura sudah tiga kali mengikuti Pemilu, kami optimis bisa ikut serta dan lolos Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4 persen di Pemilu 2024,” tegas Refafi.

Partai Hanura ini, kata Refafi, mengamini kegagalan partainya lolos ke Senayan di Pemilu 2019 menjadi pelajaran berharga untuk menyusun strategi dan taktik mengembalikan Hanura ke Senayan.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi keempat yang akan diikuti Hanura. Baru Pemilu 2019 partai ini gagal tembus ke Senayan. Dengan demikian Partai Hanura harus mengikuti verifikasi faktual KPU untuk menjadi kontestan di pesta demokrasi mendatang. “Kami optimis, pada akhir Desember 2022, Partai Hanura akan mengambil bagian sebagai peserta Pemilu 2024,” katanya.

Refafi menegaskan, Hanura siap membuktikan diri mampu kembali ke Senayan di Pemilu 2024. Menurutnya, berbagai modal positif sudah dimiliki partainya untuk berlaga di pesta demokrasi mendatang.

“Ini langkah awal, menjadi penyemangat bagi kami dan seluruh kader Partai Hanura untuk terus mengabdi kepada rakyat dalam mewujudkan perubahan dan perbaikan di Nusantara ini,” tutupnya.

Istimewa

Sementara Jefri Galla, perwakilan dari KPUD Provinsi NTT mengatakan, “setelah verifikasi faktual hari ini, KPU RI yang akan mengumumkan, kita di provinsi hanya menginput di sipol,” imbuhnya.

Hal yang menjadi bagian verifikasi faktual diantaranya, jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan kelengkapan administrasi lainnya.

Untuk verifikasi faktual pengurus yang memenuhi syarat, Lalu verifikasi faktual keterwakilan perempuan dalam kepengurusan DPD, Partai Hanura memiliki angka keterwakilan perempuan. Hal ini, kata Jefri, telah memenuhi persyaratan yang ada pada perundang-undangan. “Itu minimal sekurang-kurangnya 30 persen”,jelasnya.

Saat disinggung apakah hasil verifikasi di DPD Partai Hanura NTT dinyatakan lengkap, Ia mengatakan semua sudah lengkap.
“Secara umum hasil kita verifikasi tadi lancar dan lengkap,” ujarnya.

Koordinator Team Bawaslu NTT, Erni Wake mengatakan pihaknya hadir untuk memastikan bahwa KPU betul-betul hadir dalam proses verifikasi. “Sesuai perintah Undang-undang kita hadir untuk mengawasi. “kita hadir untuk memastikan bahwa KPU benar melakukan verifikasi yang kedua kita juga memastikan proses verifikasi sesuai prosedur.” jelas Erni.

Kemudian kita memastikan kesesuaian data, antara KTP, KTA, Orangnya, Kantor dan keterwakilan perempuan itu betul, jadi kita memastikan bahwa itu terpenuhi atau tidak.

“Untuk verifikasi faktual jika yang bersangkutan sakit atau daerah yang geografisnya susah bisa juga dilakukan secara online,” kata dia. (*)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button