BondowosoDaerahJawa Timur

Penyaluran Bantuan Kambing Pada Warga Sukorejo Bondowoso Didampingi TNI

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk meningkatkan potensi wilayah binaannya, Peltu Untung S. Danposramil 0822/12 bersama Muspika Sumberwringin melakukan pendampingan penyaluran hewan ternak kambing sebanyak 11 ekor (1 ekor jantan dan 10 ekor betina) dari Pemerintah melalui Dinas Peternakan Dan Perikanan kepada warga kurang mampu di rumah Ketua Kelompok Sultan Muda, Suraji, Dusun Talon Barat Rt10 Rw03 Desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin.

Usaha ternak kambing memiliki sejumlah keuntungan, dagingnya memiliki nilai jual tinggi, terlebih jika menjelang Hari Besar Islam Idul Adha. Harga kambing meningkat.

Untung mengimbau kepada warga penerima hewan ternak agar memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami rumput sehingga pakan untuk ternak kambing mudah didapat.

“Limbah kotoran kambing bisa digunakan untuk pupuk pertanian. Ini sangat bagus karena membantu meningkatkan usaha pertanian. Pendampingan ini merupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat kewilayahan dalam mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan,” ujarnya.

Ucapan terimakasih disampaikan Kadis Dinas Peternakan Dan Perikanan, Drs. H. Mohammad Halil atas pendampingan yang dilakukan Muspika Kecamatan Sumberwringin dalam penyaluran hewan ternak kambing.

“Sebelum Kambing diserahkan kepada Kelompok Ternak, diawali dengan pengecekan kondisi kambing. Mulai dari tinggi badan, lingkar dada, gigi, panjang telinga dan badan,” kata Halil, sapaannya, Jum’at (3/11/2023).

Jika tdk memenuhi syarat, lanjutnya, kambing akan dikembalikan dan akan diganti sesuai dgn speknya. Misalnya untuk ukuran kambing jantan tinggi harus 73 cm sedangkan kambing betina 65 cm).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button