DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Peringati Hari Pahlawan, Dandim Situbondo Bagikan Sembako ke Veteran

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR,- Usai melaksanakan upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga, Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P. melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dan membagikan sembako untuk 20 orang Veteran, Rabu (10/11/2021).

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P, membacakan amanat Kemensos RI menjelaskan bahwa, membangunkan generasi muda untuk selalu ingat dan terinspirasi dengan perjuangan para Pahlawan Indonesia harus terus diingatkan. Generasi muda mungkin sudah paham dalam menghormati para pahlawan, tapi bagaimanapun harus diwujudkan dengan hal-hal yang nyata. Itulah cara-cara baik untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur beliau para Pahlawan.

Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya harus diperingati. Hal ini dilakukan, untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur mengusir penjajah dari bumi Indonesia. “Puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak pahlawan yang gugur berjatuhan. Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak pernah terlepas dari para Pahlawan yang berjuang untuk memerdekaan bangsa ini,” jelas Dandim Situbondo.

Lebih lanjut, Dandim Situbondo dalam membacakan amanat Mensos RI menjelaskan, banyak sekali para pahlawan yang memiliki perjuangan baik membuka cakrawala berfikir untuk merdeka, berperang untuk merebut kemerdekaan, berperang untuk menyatukan bangsa maupun berjuang untuk mengisi kemerdekaan.

“Setiap tahun Hari Pahlawan yang diperigati pada tanggal 10 November memiliki ciri khas. Adapun ciri khasnya mengobarkan semangat dan menghormati kepahlawanan yang dituangkan dalam sebuah Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan, sehingga memiliki rasa kebersamaan dan kemeriahan nasional,” tutur Dandim Situbondo.

Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2021 dari Kemensos RI, kata Dandim Situbondo, meegaskan bahwa Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda di era sekarang ini.

“Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing. Hal ini sebagaimana tertuang dalam tema Hari Pahlawan Tahun 2021, yaitu Pahlawanku Inspirasiku,” pungkas Dandim membacakan amanat Mensos RI.

Sekedar diketahui, setelah upacara peringatan Hari Pahlawan selesai, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan bakti sosial pemberian 20 paket sembako kepada anggota veteran Kabupaten Situbondo. Pemberian sembako tersebut, diserahkan oleh Dandim Situbondo dan Perwira Kodim Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button