DaerahJawa TimurSitubondoTNI Dan Polri

Peringati HUT Humas Polri Ke-72, Polres Situbondo Tanam Ratusan Pohon Mangrove

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Dalam rangka memperingati HUT Humas Polri Ke-72, Polres Situbondo melaksanakan penghijauan penanaman pohon Mangrove di tepi Pantai Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jumat (13/10/2023).

Pada Hari ini, penanaman pohon Mangrove dilaksanakan secara serentak oleh Polda dan Polres Jajaran se-Indonesia, termasuk Polres Situbondo. Penanaman Mangorove ini dilakukan wujud nyata bahwa jajaran Polri peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup di tepi pantai.

Keterangan yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H dihadapan sejumlah wartawan mengatakan bahwa, penanaman pohon Mangrove bentuk peran aktif Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup tepi pantai. Karena pohon Mangrove secara umum memberikan manfaat untuk mengurangi dampak pemanasan global akibat perubahan iklim, dan mampu menahan abrasi pantai.

“Pohon mangrove berfungsi sebagai benteng alami yang melindungi tepi pantai dari abrasi dan serangan gelombang besar. Akar-akar mangrove yang kuat mampu membantu menjaga stabilitas tanah di sekitar garis pantai. Selain itu, manfaat hutan mangrove secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, hingga pengendali bencana,” tutur Kapolres Situbondo.

Sementara itu, kata Kapolres Situbondo untuk pemeliharaan pohon Mangrove yang sudah ditanam, Polres Situbondo bekerja sama dengan masyarakat setempat dan juga relawan YAGASU (Yayasan Gajah Sumatera) yang fokus merestorasi lahan krisis seperti di pesisir pantai.

“Hari ini Kami menamam ratusan pohon Mangrove di Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan. Kegiatan ini terselenggaranya atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Situbondo yakni Kecamatan Panarukan dan Pemdes Duwet serta relawan YAGASU. Saya berharap dengan kegiatan penanaman Mangrove ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya dipesisir pantai untuk berpartisipasi menjaga lingkungan,” harap AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Hadir mendampingi Kapolres Situbondo dalam penanaman Pohon Mangrove tersebut, antara lain, Pejabat Utama Polres Situbondo, Kapolsek bersama Danramil Panarukan, Kades Duwet, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Duwet serta para relawan. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button