Ragam

Peringati Sumpah Pemuda , Gubernur Sulbar : Pemuda Harus Miliki Kapasitas Intelektual Dan Skill

Sulbar.Beritanasional.Id — Peringatan Hari Sumpah Pemuda Provinsi Sulawesi Barat ke-91 berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 28 Oktober 2019.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar membacakan sambutan seragam Menteri Zainuddin Amali secara serentak menyampaikan , pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, yang saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik,” kata Ali Baal.
Ia juga menyampaikan, canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Maka dari itu diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia, sebutnya.

Ia juga memyampaikan, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.
Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia, sebut Ali Baal.

Dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini, tampak peserta upacara mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indosia.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, Sekretaris Daerah Sulbar, Muhammad Idris, Ketua DPRD Sulbar, ST. Suraidah Suhardi, para Asisten Pemprov Sulbar, Kabinda Sulbar, Susetyo Karyadi, perwakilan Korem 142 Tatag, perwakilan Polda Sulbar, Danlanal Mamuju. Plt. Letkol Laut Adi Wirasmo, Kepala Pos Angkatan Udara, Kapten Marsekal AU. Azwarman, para pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, serta para tamu undangan.(farid)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close