HeadlineNasionalPemerintahan

Perkuat Kerja Sama Pertahanan, Prabowo Sambangi Menteri Pertahanan China

BeritaNasional.ID, Jakarta — Diakhir lawatannya ke China, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun, di Beijing, China, Selasa (2/4).

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan rasa terima kasih atas penerimaan dan keramahtamahan Admiral Dong Jun sebagai tuan rumah yang telah menerima Delegasi RI ke kantor Kementerian Pertahanan China.

Prabowo juga mengatakan sebelumnya pertemuan dengan Presiden China dan Perdana Menteri China, telah menghasilkan diskusi sangat baik dan produktif antara Indonesia dan China.

“Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama pertahanan dengan pihak China dan terus mempromosikan perkembangan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara,” ucap Prabowo kepada Menhan China dilansir dari laman resmi Kemhan RI, Rabu (3/4).

Sementara itu, Menteri Pertahanan China menyebutkan militer China bersedia bekerja sama dengan militer Indonesia.

“Untuk mengkonsolidasikan kepercayaan strategis, mempromosikan latihan dan pelatihan bersama, serta meningkatkan pertukaran personel untuk membawa kerja sama praktis mereka ke tingkat yang baru,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berkunjung kepada Perdana Menteri atau PM China H.E. Li Qiang dan Presiden China Xi Jinping, di Beijing, China, pada hari yang sama.

Pada awal kedatangan saat berjabat tangan dengan PM Li dengan latar belakang bendera kebangsaan Indonesia dan China, Menhan Prabowo menyampaikan terima kasih dalam bahasa Mandarin.

“Xie-Xie. Thank you very much,” sapa Menhan Prabowo kepada PM Li.

Selama pertemuan bilateral, Menhan Prabowo menyampaikan penghargaan atas kehormatan yang diberikan kepada delegasi RI.

“Terutama saya, dari sambutan Presiden dan pemerintah China. Saya datang dalam niatan ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara. Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Perdana Menteri China Li Qiang menilai hubungan China dan Indonesia telah berkembang pesat dan membuka babak baru dalam membangun komunitas di masa depan bersama.

Menurutnya, kedatangan Menhan Prabowo saat ini ke China menunjukkan persahabatan yang mendalam antara China dan Indonesia.

Li Qiang juga mempertegas siap bekerja sama dengan Indonesia untuk menjaga rasa saling percaya dan memperdalam kerja sama secara menyeluruh yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi kedua negara.

Dia menambahkan, China siap memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan Indonesia secara multilateral. Seperti melalui PBB dan mekanisme kerja sama Asia Timur, untuk bersama-sama menjaga kepentingan negara-negara berkembang yang lebih baik.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button