BondowosoDaerahJawa Timur

Perkuat Literasi, SMPN 1 Pujer Gelar Pelatihan Jurnalistik

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dalam rangka mengimplementasikan penguatan literasi siswa, SMPN 1 Pujer mengadakan pelatihan jurnalistik bersama Berita Nasional.ID.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 – 11.00 Wib yang diisi oleh pemateri dari wartawan senior dan sudah berpengalaman di media online, Syamsul Arifin, Seniy (16/10/2023).

Dalam memulai pembelajaran tentang menulis berita secara baik dan benar, pemateri terlebih dulu menceritakan pengalamannya ketika mencari pemberitaan di lapangan. Kemudian juga menjelaskan tata cara dalam melakukan wawancara kepada narasumber, langkah awal menulis berita hingga menyusunnya menjadi sebuah naskah berita yang siap untuk dinaikkan ke redaksi.

Diakhir paparan jurnalistik, pemateri menyempatkan diri untuk memberikan tugas kepada para peserta agar membuat sebuah berita dengan menggunakan rumus 5 W + 1 H, meliputi What, Who, Where, When, Why dan How. Dengan waktu sekitar 30 menit, para peserta pelatihan jurnalistik sudah bisa menyelesaikan tugas praktek membuat berita sesuai tema masing-masing.

Sementara Kepala SMPN 1 Pujer, Rida Syamsiyah, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik ini merupakan bentuk komitmen sekolah dalam rangka implementasi penguatan literasi siswa. Dimana pada era yang serba modern ini generasi muda dituntut untuk pandai memanfaatkan digitalisasi ke arah lebih baik,” terangnya.

“Semoga apa yang telah disampaikan dalam pelatihan jurnalistik hari ini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran kepada siswa untuk gemar menulis. Jangan berhenti untuk membaca dan menulis,” pesan Rida, sapaannya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button