DaerahJawa TimurOlahragaRagamSitubondo

Perpani Situbondo Gelar Kejuaraan Panahan Tingkat Eks Karesidenan Besuki

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Untuk mencari atlet-atlet panahan berbakat, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Situbondo, menggelar Kejuaraan Panahan Pemula yang diikuti sekitar 300 peserta pelajar dari Kabupaten Situbondo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Lumajang serta Probolinggo, Senin (31/10/2022).

Keterangan yang disampaikan Ketua Panitia Kejuaraan Panahan Pemula se-Karesidenan Besuki, Harizki Firman Tadiansyah menjelaskan bahwa, kejuaraan yang diikuti ratusan pelajar jenjang SD, SM dan SMA/ sederajat ini dilaksanakan di Stadion Muhammad Saleh Situbondo. “Selama pandemi COVID-19, kami tidak menggelar kejuaraan ini,” ujar Harizki.

Menurut Harizki, selama pandemi COVID-19 hampir seluruh kegiatan Perpani Situbondo fakum. Hal ini, karena adanya aturan pembatasan kegiatan masyarakat dan protokol kesehatan yang harus diikuti guna memutus mata rantai penularan Covid-19, kala itu. “Pandemi COVID-19 yang melanda hampir tiga tahun mengakibatkan pembibitan atlet panahan berjenjang terputus. Oleh karena itu, dengan dilaksanakan kembali kegiatan ini, maka rencananya akan dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan,” jelasnya.

Alhamdulillah, sambung Harizki, pelaksanaan kejuaraan panahan pemula ini mendapatkan respons positif dari semua jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA sederajat. Sedangkan, pesertanya mencapai ratusan orang. “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjaring bibit-bibit altet panahan yang handal dan bisa membawa nama harum daerahnya masing-masing,” pungkas Harizki.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Denny Wahyu Pribadi mengatakan bahwa, pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan kejuaraan seluruh cabang olahraga di Kabupaten Situbondo, salah satunya cabor panahan yang sudah melaksanakan kejuaraan tingkat Karesidenan Besuki.

“Dari hasil kejuaraan panahan ini, tentunya akan terjaring atlet yang punya semangat tinggi dan potensi. Perpani Situbondo sebagai tuan rumah bisa memperoleh bibit atlet yang baik juga,” ujar Denny.

Dalam Kejuaraan Panahan Pemula tahun 2022 Perpani Situbondo ini, memperbutkan 32 medali emas, 32 medali perak dan 32 perunggu. Fast Ijen Archery menempati peringkat pertama dengan perolehan 8 medali emas, 11 medali perak, dan 1 perunggu. Kemudian, Fast Spa Lumajang dengan perolehan 7 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Selanjutnya, Lhasas Eac BWS menempati urutan ketiga dengan perolehan 5 medali emas, 4 perak, dan 6 perunggu. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button