BanyuwangiDaerah

Pesan Kapolresta Banyuwangi Saat Apel Serpas, Jaga Netralitas dan Jangan Arogan

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu memimpin apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banyuwangi yang akan berlangsung pada Rabu, (17/11/21).

Apel serpas tersebut digelar di halaman Mapolresta Banyuwangi, Selasa (16/11/21). Tampak hadir dalam apel Serpas, Wakapolresta AKBP Didik Hariyanto serta para pejabat utama (PJU) Polresta Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, bahwa pengamanan Pilkades serentak dilaksanakan di 8 (delapan) desa yang tersebar di 7 kecamatan. Ketujuh desa tersebut yaitu, Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo, Desa Gambran, Kecamatan Gambiran, Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu, Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, Desa Sumberanyar, Kecamatan Wongsorejo, dan Desa Jelun, serta Desa Licin, masuk Kecamatan Licin.

“Apel pergeseran pasukan ini sebagai bukti kesungguhan Polresta Banyuwangi untuk mewujudkan pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi yang aman, kondusif dan sehat, sesuai harapan bersama,” ujar AKBP Nasrun.

Kepada seluruh personel yang bertugas, Nasrun mengingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku pada saat pengamanan di TPS dan tidak boleh berlaku arogan serta benar-benar bisa menjaga netralitas.

“Perlu diingat, bahwa polisi tidak mempunyai hak dalam Pilkades terkecuali pengamanan. Jaga netralitas, anggota yang terkena Sprin Pengamanan Pilkades dilarang membawa senpi. Pedomani pasal 28 UURI No. 2 tahun 2002, bahwa anggota Polri dilarang ikut berpolitik praktis, baik langsung maupun tidak langsung. Dan apabila ada permasalahan di TPS, jangan ikut campur terkecuali diminta panitia Pilkades,” tegasnya.

Ditambahkan Nasrun, tugas pengamanan TPS adalah tugas khusus. Sehingga setiap anggota harus melakukan pengecekan lokasi TPS yang akan diamankan dan lakukan mapping situasi wilayah geografis dan karakteristik masyarakat di wilayah masing-masing.

Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu saat meninjau peserta apel Serpas
Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu saat meninjau peserta apel Serpas

Di masa pandemi Covid-19, Kapolresta Nasrun juga mengingatkan disiplin penerapan protokol kesehatan merupakan harga mati agar Pilkades serentak ini berjalan sesuai harapan dan tidak menjadi klaster baru pandemi Covid-19.

“Harus benar-benar memperhatikan Prokes yang ada di TPS. Agar tidak menjadi klaster baru. Jika terjadi pelanggaran prokes, lakukan tindakan tegas dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat,” tandasnya.

Kapolresta Nasrun juga mengingatkan kepada seluruh calon kades, tim sukses maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Baik menjelang maupun setelah pelaksanaan Pilkades.

“Kepada para calon kades maupun tim sukses silahkan bersaing dengan sehat. Tidak bersikap berlebihan jika memenangi pemilihan dan yang belum berhasil juga harus mengambil sikap menerima,” ingatnya.

Kapolresta Nasrun juga memberikan beberapa penekanan, diantaranya, diharapkan anggota ikhlas dalam melakukan pengamanan Pilkades. Kedua, kesiapsiagaan dan jangan sampai ada personel yang makan tulang kawan. Ketiga, untuk dampak-dampak yang terjadi menjelang pemungutan ataupun pemilihan, intelejen dikeluarkan kemudian Binmas juga tetap melakukan penyuluhan, Bhabinkamtibmas mengantisipasi situasi yang ada di wilayah lokasi Pilkades.

Untuk yang keempat, diminta memperhatikan persiapan kelengkapan perorangan. Karena situasi musim hujan cuaca tidak mendukung, suatu saat jika bergerak ke lokasi harus siap-siap hujan ataupun rompi yang untuk malam apabila kita melaksanakan terjun ke lapangan. Dan kelima, semua anggota ditekankan kesiapan kondisi dan fisik untuk supaya dapatnya bekerja dengan baik.

“Saya kira itu yang perlu saya sampaikan, tolong nanti masing-masing perwira selaku pengendali disana komunikasi gunakan HT, ramaikan HT tersebut karena sangat bermanfaat bagi kita semua. Paling akhir, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas,” ucap Kapolresta Nasrun Pasaribu, mengakhiri wejangannya. (red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button