Jawa Timur

Pesan Kepala BPN Lumajang Kepada Calon PPATS Agar Amanah Dan Memberi Kemaslahatan Umat

BeritaNasional.ID Lumajang- Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lumajang HM Rocky Soenoko S.H.,M.Si memberikan pengarahan kepada beberapa camat Calon PPATS (Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara) di aula kantor BPN Lumajang Kamis (04/05/2023) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam pengarahan Kepala BPN Lumajang Rocky berpesan Kepada calon Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) agar amanah dan memberikan kemaslahatan kepada umat/ masyarakat khususnya seluruh kabupaten Lumajang.

“Camat camat yang nantinya akan di lantik menjadi pejabat pembuat akta sementara ini tentunya kita berikan pembekalan kita berikan arahan agar nanti saat sudah menjadi PPATS betul betul bisa menjalankan tugas fungsinya yang bisa membantu Masyarakat terutama masyarakat tidak mampu tentunya tetap harus mengikuti aturan aturan main yang sudah di tentukan dalam aturan terkait dengan PP No 37 Tahun 1998 yang telah dirubah dalam PP No 24 Tahun 2016 artinya tentu dalam memastikan objek tanah yang menjadi objek yang di buat jual beli atau objek peralihan itu harus betul objeknya Clear and Clean”.ujarnya

Masih menurut Rocky tahapan tahapan harus terap di lalui agar para pihak dalam penyelesaian hak atas tanah bisa Clear and Clean.

“Kemudian mengikuti tahapan tahapan misalnya dalam pembuat akte sebelum di panggil tentunya harus menghadirkan para pihak di bacakan di hadapan para pihak di pastikan bahwa objek Clear and Clean tentunya ini menjadi penting terkait khususnya adanya kegiatan progam strategis nasional jangan sampai PTSL ini kemudian menjadi ada hal hal lain yang terkait dengan PPATS yang kemudian menjadikan dasar ini menjadi terhambat prosesnya dalam hal secara di wajibkan seluruh kesempatan PSTL di buatkan akte”. Ujarnya lagi 

“Kalau itu pesertanya ribuan ini kan kemampuan seorang camat dalam membuat akte itu satu hari itu kan di batasi artinya dia tidak bisa membuat sekian banyak, nah ini yang harus kita bicarakan supaya keberadaan mereka nanti betul betul mendukung tugas pokok dan fungsi BPN”. Lanjut Rocky kepada media ini

Rocky menekankan kepada camat selaku PPATS terus berkoordinasi dengan BPN, menjalankan tugas sesuai amah dengan tupoksinya tidak menyalah gunakan jabatan, serta bisa membantu menyelesaikan data pertanahan.

“Kami tekankan kepada camat selaku PPATS betul betul berkoordinasi menjalankan tugas sesuai dengan amanah dengan tupoksinya, tidak menyalah gunakan jabatan dan harus bisa membantu menyelesaikan dalam persoalan terkait dengan data pertanahan”. Pungkasnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button