Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
RagamSulawesi

Peserta SIG Komisariat PMII IAI As’adiyah Ziarah ke Makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini

image_pdf

WAJO BeritaNasional.ID—Peserta Sekolah Islam Gender (SIG) yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) se Sulawesi Selatan, Kamis (20/12/2018) melakukan Ziarah ke Makam Syek Jamaluddin Akbar Al-Husaini.

Dari pantuan BeritaNasional.ID,   setelah penutupan SIG dilaksanakan PMII  Komisariat IAI As’adiyah Sengkang di rumah adat Atakkae selama 4 hari (17 s/d 20 desember  2018), pada pukul 14.00 Wita. seluruh peserta berziarah ke makam Syekh Jamaluddin Akbar Al-Husaini yang terletak di Tosora — dekat Masjid Tua Tosora –, salah satu desa di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo

Sekedar diketahui Syekh Jamaluddin Akbar al-Husaini atau Maulana Husain Jumadil Kubro. adalah cucu turunan Nabi Muhammad SAW atau Ahlulbait yang pertama kali datang ke Sulawesi Selatan, khususnya di Tosora, dan dia juga merupakan kakek kandung dari empat ulama penyebar Islam di Jawa (Wali Songo), yaitu Sayyid Maulana Malik Ibrahim, Sayyid Ainul Yaqin atau Sunan Giri, Sayyid Raden Rahmatullah atau Sunan Ampel dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Indrawan selaku panitia pelaksana kepada BeritaNasional.ID menjelaskan,  kunjungan ke Makam Syekh Jamaluddin itu, selain untuk mendoakan beliau, juga untuk mengenang beliau selaku ulama besar penyebar agama Islam di Nusantara yang masuk di Sulawesi Selatan sehingga menjadi penyebar agama Islam pertama di tanah Wajo.

(Muhammad Yahya)

Show More

Related Articles

Close