DaerahWisata

Pesona Kota Tua Ampenan Yang Berada Di Kota Mataram

BeritaNasional.ID, Mataram, NTB – Kota Tua, di bagian Indonesia yang lain juga ada yang memiliki gelar Kota Tua dan memiliki sejarah berdirinya masing-masing. Tentu saja sebagai tempat yang memiliki banyak destinasi wisata, Lombok juga memiliki Kota Tua yang disebut sebagai Kota Tua Ampenan.

di bagian Indonesia yang lain juga ada yang memiliki gelar Kota Tua dan memiliki sejarah berdirinya masing-masing. Tentu saja sebagai tempat yang memiliki banyak destinasi wisata, Lombok juga memiliki Kota Tua yang disebut sebagai Kota Tua Ampenan.

Kota ini berada di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya area barat Kota Mataram. Seperti namanya, kota ini berkesan tua dan hanya melihatnya saja, sudah terasa sekali bahwa kota ini menyimpan banyak sejarah lampau yang menarik.

Karena itulah selain menjadi tempat wisata untuk dikunjungi para pelancong, kota ini juga menjadi warisan sejarah hidup di Lombok. Namanya sendiri tidak diberikan tanpa alasan, menurut cerita para warga, Ampenan merupakan nama pemberian Kesatria Suku Dayak. Dahulu kala, Kerajaan Bali berhasil menguasai kawasan Desa Kenaga yang pada waktu itu dipimpin oleh Raden Satria Nata.

Karena dibakar, Raden Satria Nata kemudian perlahan membangun peradaban baru bernama Madya. Sejarahnya sendiri cukup panjang, akan dijelaskan untuk Anda hal-hal menarik tentang kota ini nantinya.

Kota ini ternyata memiliki beberapa perkampungan di dalamnya, masing-masing dari mereka bisa hidup berdampingan mesti pada dasarnya budaya mereka terkadang tidak cocok. Di sana terdapat suku Melayu, terdapat juga kampung Tionghoa, Kampung Jawa, Kampung Bugis, dan masih banyak lainnya. Kota ini sendiri dominan dihuni oleh Suku Melayu.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button