Daerah

Petani di Kabupaten Malaka Keluhkan Rendahnya Harga Kacang Hijau

BeritaNasional.ID-Malaka,- Vinsen Manek, petani milenial asal desa Manulea, kecamatan Sasitamean kabupaten Malaka, perlu adanya perhatian Pemkab Malaka, khususnya Dinas pertanian Kab. Malaka, untuk pasaran hasil kacang hijau.

Vinsen Manek kepada media ini menjelaskan bahwa selama ini harga pasaran untuk hasil pertanian khususnya harga kacang hijau di kabupaten Malaka harganya belum terlalu memuaskan bagi petani.

“Patokan harga kacang hijau saat ini berkisar antara Rp.20.000-25.000 “ungkapnya.

menurut Vinsen harganya tidak stabil, kadang harga naik kadang harganya turun oleh karena itu ia meminta agar perlu adanya perhatian dari pemerintah kabupaten untuk menstabilkan harga kacang hijau.

Ia juga menjelaskan bahwa lahan pertaniannya sendiri untuk area kacang hijau sekarang ini berkisar kurang lebih 2 ha, dan perkiraan hasil yang biasa didapatnya kurang lebih 1000 kg (1 ton ), maka dari itu ia meminta agar perlu adanya perhatian serius dari pemerintah daerah kabupaten Malaka khususnya dinas pertanian Kabupaten Malaka yang diawasi oleh kepala penyuluh pertanian kecamatan Sasitamean agar harga kacang hijau perlu distabilkan.

“sejauh ini belum adanya perhatian serius kepada petani khususnya untuk petani lahan kering terkait kacang hijau, maka dari itu ia sangat mengharapkan agar perlu diperhatikan secara serius,”tutupnya. (Dius Tefa)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button