DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Petugas Perhutani dan BPBD Situbondo Padamkan Kebakaran Lantai Hutan Jati

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo bersama Petugas Perhutani RPH Wringin Anom, Anggota Polsek Kendit, Anggota Koramil Kendit dan pihak terkait lainnya, memadamkan kebakaran daun jati di lantai hutan Petak 61 B blok Gua terbes KRPH Wringin Anom, PKPH Klabang, Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Senin (17/8/2022).

“Sekira pukul 18.00 WIB telah terjadi kebakaran sarasahan daun jati dan tumbuhan liar di Petak 61 B blok Gua terbes KRPH Wringin Anom, PKPH Klabang, Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Agar kobaran apai tidak merambat, kami bersama petugas Perhutani dan pihak terkait melakukan pemantauan dan pemadaman menggunakan kepyok,” jelas Puriyono penyusun laporan pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Situbondo.

Lokasi kebakaran daun jati tersebut, sambung Puriyono, berada di atas bukit dengan kemiringan 90° dan medannya sangat terjal. Kendati medannya sulit untuk dijangkau, namun tidak menyurutkan petugas perhutani dan pihak terkait lainnya berusaha untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan kepyok dan membuat ilaran atau penyekatan di lokasi yang bisa di jangkau agar kebakaran tidak merembet ke lokasi yang lain.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran daun jati di lantai hutan lainnya, petugas perhutahi wilayah KRPH Wringin Anom terus melakukan pemantauan. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena lokasi kebakaran daun jati di lantai hutan tersebut jauh dari pemukiman penduduk,” jelas Puriyono.

Sekitar pukul 21. 10 WIB, sambung Puriyono, kobaran api kebakaran daun jati tersebut mulai berangsur padam. “Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, masih dalam penyelidikan pihak kepolisian dan Perhutani setempat,” pungkas Puriyono.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button